Presiden Jokowi Resmikan Tol Manado – Bitung, Jalan Tol Pertama di Sulut

0

Manado | Lensamedia – Presiden Joko Widodo (Jokowi), meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu pada Selasa (29/9) siang. Peresmian tersebut dilakukan secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ruas tol Manado-Danowudu adalah jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan bagian dari jalan tol Manado-Bitung. Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 40 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim ruas tol Manado – Bitung diresmikan hari ini” ucap Jokowi, Setelah itu,  Jokowi menandatangani prasasti peresmian Tol Manado-Bitung. 

“Alhamdulillah, jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer sudah selesai, sudah rampung, dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,” ujar Jokowi dalam sambutannya melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020)

Presiden Joko Widodo saat meresmikan rua Jalan Tol Manado – Bitung melalui Youtube Sekretariat Presiden (Foto:dok/sekpres)

Adapun biaya pengerjaan konstruksi pada ruas Manado – Airmadidi sepanjang 15 km didanai dari APBN melalui pos anggaran Kementerian PUPR. Sedangkan untuk ruas jalan tol Airmadidi – Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh PT Jasa Marga.

Nilai investasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung mencapai  5,12 triliun. Untuk Ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 kilometer didanai oleh APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedangkan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dilaksanakan oleh PT Jasa Marga dengan skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha).

“Ruas Manado-Bitung ini dilaksanakan dengan skema kerja sama pemerintahan dan badan usaha (KPBU),” tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Dalam peresmian jalan tol virtual itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono hadir langsung di lokasi peresmian di Gerbang Tol Manado, Sulawesi Utara. Hadir juga di lokasi tersebut  Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni, Wali Kota Manado, Direktur Utama PT Jasa Marga, Direktur Utama PT PP, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Pangdam XIII/Merdeka dan Kapolda Sulawesi Utara. (Suara/Ryo/glm)

32 total views, 1 views today