Apakah seorang pemimpin dilahirkan atau dibentuk?

0

Oleh : Tim Lensa Media

Manusia dianugerahi kemampuan untuk berpikir, kemampuan untuk memilah & memilih mana yang baik & mana yang buruk. Dengan kelebihan itulah manusia seharusnya mampu mengelola lingkungan dengan baik. Tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik, kehidupan sosial manusiapun perlu dikelola dengan baik.

Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berjiwa pemimpin, paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri.Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok , lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Seperti apa sifat dan sikap seorang pemimpin yang baik? Pemimpin itu ibarat seorang pilot yang mengemudikan pesawat. Ia harus tahu seluk beluk kemudi untuk bisa menerbangkan pesawat tersebut. Apabila ilmunya tidak mencukupi ataupun terjadi kesalahan boleh jadi pesawat yang dikendalikan tersebut bisa terjatuh.

Begitu pula dalam hal organisasi, perusahaan, negara dan lain sebagainya diperlukan seorang pemimpin untuk bisa mengatur dan mengendalikan apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Ini adalah sebuah pertanyaan penting yang masih banyak menuai perdebatan di dunia kepemimpinan. Terutama bagi mereka yang ingin memimpin tim atau perusahaan, menjadi yang terdepan dari sebuah gerakan, atau membantu orang lain mencapai potensi mereka. Beberapa percaya bahwa para pemimpin sejati dilahirkan secara alami, memiliki jiwa karismatik, berpengaruh, dan menginspirasi orang-orang yang ditakdirkan untuk menorehkan prestasi.

Teori Perilaku percaya bahwa orang dapat menjadi pemimpin melalui proses pengajaran, pembelajaran, dan observasi. Kepemimpinan adalah seperangkat keterampilan yang dapat dipelajari dengan pelatihan, persepsi, praktik, dan pengalaman dari waktu ke waktu.

Pembelajaran kepemimpinan adalah aktivitas seumur hidup. Pemimpin yang baik mencari peluang pengembangan yang akan membantu mereka mempelajari keterampilan baru.

Dunia militer merangkul doktrin ini yang terbukti melalui program pelatihan kepemimpinannya. Jika Anda ingin seorang pemimpin dan ingin menjadi pemimpin yang hebat, apa yang harus Anda lakukan? Satu-satunya cara paling ampuh untuk tumbuh sebagai pemimpin adalah menjadi benar-benar sadar akan diri sendiri.

Renungkan dalam diri Anda:

Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki sebagai seorang pemimpin dan sebagai seorang pribadi?
Dampak apa yang ingin Anda berikan bagi orang lain di sekitar Anda?
Hal apakah yang paling Anda pedulikan?
Apa saja yang menjadi nilai moral yang mengarahkan Anda dalam memimpin?
Apakah setiap janji Anda sudah terlaksanakan melalui setiap tindakan Anda?

Kesimpulannya adalah bahwa semakin sadar diri seseorang, semakin mudah dia memimpin, caranya memimpin akan lebih dapat ditingkatkan dan lebih mampu menerima apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan cara kepemimpinan yang mereka lakukan. Pemimpin itu bukan di bawa lahir butuh suatu proses yang harus belajar dan harus dilalui, kepekaan terhadap sesuatu lah yang akan melahirkan jiwa kepemimpinan. Berikanlah contoh terbaik jika anda seorang pemimpin.

1,283 total views, 4 views today