Digitalisasi Ekosistem Pangan Nasional Menuju Indonesia Maju

    0

    Oleh : Erna Wiyati

    Lensamedia.id – Pangan merupakan kebutuhan vital manusia di samping energi dan air bersih. Mayoritas penduduk Indonesia bekerja di bidang yang terkait pangan.

    Data Badan Pusat Statistik tahun 2017 menyatakan penduduk Indonesia paling banyak bekerja di bidang pertanian, peternakan, kehutanan, perburuan dan perikanan yaitu sebesar lebih dari 35,9 juta jiwa atau 29,68% dari total jumlah angkatan kerja nasional sebesar lebih dari 121 juta.

    Menyadari strategisnya bidang pangan, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) merencanakan kerja sama dengan Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) sebagai mitra strategis untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) Petani dan meningkatkan kesejahteraan Petani, peternak dan nelayan di seluruh Indonesia.

    Menindaklanjuti rencana sebelumnya yaitu pengembangan website petani.id menjadi market place, PT. Telkom Group menawarkan solusi terpadu berbentuk aplikasi digital untuk pengelolaan ekosistem pangan dari hulu ke hilir. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan menjajaki permasalahan utama dan harapan masyarakat Petani melalui survey kajian kebutuhan.

    Responden survey yang merupakan masyarakat Petani mayoritas menyatakan permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya pendapatan Petani (termasuk peternak dan nelayan) karena tidak memiliki kontrol terhadap harga jual ke konsumen, mayoritas Petani menjual melalui tengkulak.

    Petani tradisional tidak memiliki akses digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Masalah lainnya adalah budi daya produksi Petani membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

    Telkom Group bekerja sama dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto saat ini dalam proses mengembangkan aplikasi petani.id untuk pengelolaan ekosistem pangan dari hulu ke hilir.

    Ekosistem pangan yang dimaksud dalam aplikasi petani.id sejalan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan Pasal 1 yang menyatakan bahwa, pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

    Aplikasi petani.id bertujuan mempertemukan Petani dengan pembeli akhir serta pemangku kepentingan lainnya di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan olahan pangan, seperti penjual alat-alat pertanian, pemilik angkutan, investor dan pemerintah.

    Sehingga diharapkan Petani bisa mengontrol harga jual ke konsumen dan mendapatkan peluang bantuan permodalan. Aplikasi petani.id juga diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pasar para Petani di seluruh Indonesia.

    Aplikasi yang akan dikembangkan memuat menu antara lain: 1.) Anggota Petani: pendataan mengenai seperti data Petani, data lahan Petani dan data hasil produksi Petani., 2.) Warung Petani: untuk menjembatani transaksi jual beli antara Petani dan konsumen (supermarket, restaurant, perorangan).

    3.) Komunitas Petani: sebagai sarana untuk berbagi ilmu perihal pertanian, peternakan maupun perikanan (pengembangan bibit, budi daya tanaman/ternak/ikan, dan lain-lain)., 4.) Logistik: untuk pengantaran hasil panen/olahan pangan yang telah dibeli konsumen.

    5.) Pembayaran (red: Payment): merupakan menu untuk alat bayar bagi masyarakat Petani dan konsumen di aplikasi petani.id. Pembayaran bisa menggunakan pemotongan pulsa maupun alat bayar milik Telkom Group seperti Link Aja dan Finpay.

    6.) Kemitraan (Crowd Funding): untuk menjembatani kerjasama Petani dengan investor perorangan dan lembaga pinjaman keuangan.

    Untuk tahap awal yang akan diluncurkan adalah menu Anggota Petani dan Warung Petani. Ke depannya, aplikasi petani.id juga menyediakan menu untuk pembayaran berbagai macam tagihan (telepon, internet, listrik, air dan lain-lain) serta bisa menjadi media untuk iklan.

    Data-data yang tercatat dalam aplikasi petani.id diharapkan bisa menjadi cikal bakal big data pangan nasional. Semoga keberadaan aplikasi petani.id dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Petani di seluruh penjuru nusantara dan dapat mewujudkan kedaulatan pangan menuju Indonesia Maju. Merdeka !!!

    *Penulis: adalah Operation Senior Manager Regional Wholesale Service Telkom Jateng-DIY dan Inisiator Petani Go Digital.

    39 total views, 1 views today