Genjot Pariwisata Simalungun, Kapolda Sumut Buka PTLF 2019

0

LensaMedia.id, Simalungun – Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membuka secara langsung acara Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) tahun 2019, di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, pada Sabtu (12/10/2019). Ajang festival kebudayaan ini sekaligus bertujuan untuk mendongkrak daya tarik wisata di kawasan Danau Toba.

Disaksikan ribuan pengunjung yang hadir, acara pembukaan secara simbolis ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Kapolda Sumut beserta rombongan pun langsung disambut tarian khas Simalungun, Tortor Somba serta dihibur 10 tarian etnis yang ditampilkan siswa siswi dari Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar. 10 tarian khas tersebut diantaranya berasal dari etnis Pakpak Dairi, Karo, Mandailing Tapsel, Simalungun, Batak Toba, Minang, Jawa, Melayu, India dan China.

Keseruan semakin tampak saat Kapolda Sumut beserta sejumlah pejabat yang hadir, diantaranya Bupati Simalungun JR Saragih dan pemangku kepentingan tengah mengatraksikan kemampuan memasak nasi goreng.

Selaku Ketua Panitia, AKBP Heribertus Ompusunggu mengaku sangat bangga daerah wilayah tugasnya menjadi tuan rumah kegiatan. Terlebih lagi, dukungan Kapolda Sumut dan masyarakat atas terselenggaranya acara ini begitu sangat besar dan antusias.

Heribertus mengatakan, tujuan acara ini diadakan adalah sebagai wadah untuk mengeksplor kearifan lokal dan kekayaan budaya daerah setempat, sekaligus menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan Danau Toba.

Dalam kesempatan tersebut, Heribertus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mendukung kesuksesan acara ini, khususnya kepada Kapolda Sumut. Padahal, acara ini sendiri hanya memiliki persiapan yang cukup singkat yakni sekitar 18 hari.

Dalam kesempatan tersebut, Heribertus menginfokan bahwa nantinya acara ini akan diisi beberapa kegiatan dan perlombaan, diantaranya lomba perahu hias, solu bolon, penaburan ikan, solu parsada-sadaan, lomba renang, masak tradisional, eksebishi jet ski, hiburan tarian tradisional dan musik. (Red)

128 total views, 1 views today