Kebiasaan yang dapat Membuat Kesehatan Anak Menurun

0
image source : pixabay

Daya tahan tubuh anak atau imunitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak untuk mencegah dan melawan penyakit yang membahayakan tubuhnya. Imunitan merupakan sistem kekebalan tubuh yang melindungan tubuh dari berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus yang dapat mengancam kesehatan anak. Daya imun tentunya sangat berperan penting bagi kesehatan, apalagi masa anak-anak yang dimana tubuhnya masih dalam tahap tumbuh kembang yang baik. Apabila imunitas menurun, tentunya anak-anak pun akan mudah terkena penyakit.

Nah sadarkan Anda jika beberapa kebiasaan pola hidup anak terkadang membuat menurunnya daya imun si kecil sehingga nantinya dapat mengakibatkan anak mudah terserang penyakit. Dalam hal ini orang tua tentunya perlu sekali memperhatikan berbagai aktifitas si kecil. Untuk itu, yuk simak beberapa kebiasaan yang dapat membuat kesehatan anak menurun.

  1. Kurang berolahraga

Nah jika Anda melihat perkembangan teknologi saat ini, sepertinya anak pun mulai terlena dengan dunia nyata ketika melihat berbagai hal menarik di dalam gadget. Iya salah satu pengaruhnya adalah anak menjadi malas berolahraga. Sebenarnya bukan hanya anak-anak saja sih, melainkan orang tua pun juga demikian. Umumnya ketika anak sudah mengenal gadget, dia akan lebih senang bermain gadget daripada melakukan aktifitas lain yang membuatnya untuk lebih aktif bergerak. Padahal olahraga merupakan hal yang sangat penting dan harusnya dilakukan. Dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga kekebalan tubuhnya pun meningkat. Tak hanya sampai disitu, aktifitas fisik tentunya juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih serta membantu fingsi neutrofil yang dapat membantu melawan penyakit.

  1. Adanya tekanan yang membuat anak stres

Ketika anak dituntut untuk berfikir keras atau tekanan yang mengakibatkan anak menjadi setres, tentunya kekebalan tubuh pun akan ikut melemah sehingga ia gampang sakit. Tekanan yang mengakibatkan anak stres akan membuatnya merasa tidak nyaman saat beraktifitas serta berdampak pada kualitas tidur dan pola makan yang buruk. Nah hal inilah yang kemudian dapat membuat sistem imun menurun.

  1. Kurang minum air putih

Nah salah satu faktor yang juga dapat mengakibatkan kesehatan anak menurun adalah kurangnya minum air putih. Air putih memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya air putih dapat membantu untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Nah apabila tubuh kekurangan carian, maka racun yang ada di dalam tidak dapat dikeluarkan secara optimal sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Untuk itu, perlu sekali minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan si kecil.

  1. Pola makan yang kurang sehat

Pola makan yang tidak sehat seperti halnya jam makan yang tidak teratur, makan makanan yang tidak sehat, kurangnya asupan nutrisi dari makanan juga dpat membuat kesehatan anak menurun. Nah dalam hal ini Anda dapat menghindarkan anak dari kebiasaan makan junk food serta berbagai makanan yang mengandung banyak juga dan garam. Sebab makan-makanan ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh pada si kecil. Anda dapat mengatur pola makan dengan jadwal makan yang teratur, makan makanan yang bergizi seimbang serta nutrisi alami yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Nah itu dia beberapa kebiasaan yang dapat membuat kesehatan anak menurun. Untuk itu, pastikan Anda menghindari berbagai kebiasaan tersebut agar anak tetap sehat dan memiliki tumbuh kembang yang baik.  (red)

221 total views, 1 views today