Memotivasi Bekerja di Masa Pandemi, Dosen FE Unesa Lakukan Edukasi pada Ibu Rumah Tangga

0

Surabaya | Lensamedia.id – Masa pandemi Covid-19 tak mengurungkan niat dosen Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (FE Unesa) untuk melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Pada kesempatan kali ini program pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertemakan tentang penanganan Covid-19.

Oleh karena itu seluruh dosen Universitas Negeri Surabaya membuat suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang tujuannya adalah untuk membantu penanganan dan pemulihan masyarakat akibat adanya Covid-19 salah satu yang dilakukan oleh Dosen Prodi Ekonomi adalah melakukan edukasi tentang pengelolaan keuangan keluarga dan motivasi bekerja di masa pandemi Covid-19.

Salah satu yang diakibatkan dalam masa pandemi Covid-19 adalah terjadinya penurunan ekonomi yang dialami oleh masyarakat akibat adanya lockdown dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah daerah.

Hal ini menimbulkan pembatasan aktivitas masyarakat yang akan berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Oleh karena itu di masa pandemi ini kita harus bisa survive untuk dapat mengelola keuangan keluarga dengan baik yang disesuaikan dengan pendapatan yang didapat serta tetap produktif selama masa bekerja dari rumah.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di lingkungan masyarakat Tenggilis Lama Surabaya yang dihadiri oleh ibu rumah tangga di sekitar lingkungan Tenggilis Lama Surabaya.

Acara ini berlangsung dari pukul 15.30 dan berakhir pada pukul 17.30 WIB. Pada sesi yang pertama, diisi pemateri oleh Ladi Wajuba Perdini, menyampaikan tentang edukasi pengelolaan keuangan keluarga di masa pandemi Covid-19.

Ia menyampaikan bahwa, jika dalam masa pandemi ini pasti seluruh keluarga akan mengalami penurunan pendapatan dan peningkatan pengeluaran, oleh karena itu sebagai bendahara keluarga maka seorang ibu harus pandai untuk mengelola keuangan.

“Cara untuk mengatur keuangan adalah membuat skala prioritas kebutuhan apa saja yang harus terlebih dahulu dipenuhi, mencatat seluruh penghasilan dan pengeluaran juga menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang ada,” ungkap Ladi. Senin, (26/10/2020).

Sesi yang kedua pemateri menyampaikan materi tentang motivasi bekerja selama masa pandemi Covid-19 dengan memberikan tips-tips tentang bagaimana tetap produktif selama dirumah yaitu dengan cara memulai dan memotivasi para ibu untuk berbisnis online.

“Dalam masa pandemi ini, aktivitas kita dibatasi tetapi tetap dapat melakukan kegiatan berbisnis online dari rumah dengan bisnis sesuai dengan keinginan serta kemampuan kita,” tambahnya.

Di akhir acara tak lupa dosen prodi ekonomi FE Unesa membagikan sembako, vitamin, susu, masker dan handsanitizier sebagai wujud meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat akibat penurunan ekonomi juga dapat meningkatkan imun masyarakat lewat kegiatan edukasi dan motivasi. Semoga wabah Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala,” tutur Ladi Wajuba Perdini. (ari)

21 total views, 1 views today