Menhub Beri Penghargaan Adikarya Dirgantara Adhirajasa Kepada Awak Batik Air

0

lensamedia.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada awak pesawat Batik Air dan kementerian dan lembaga yang berpartisipasi dalam proses evakuasi 254 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Hubei, imbas merebaknya virus Corona.

Penghargaan bernama Adikarya Dirgantara Adhirajasa tersebut diberikan langsung oleh Menhub kepada 18 awak pesawat, perwakilan Kementerian Luar Negeri, perwakilan Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI Angkatan Udara dan lembaga lainnya.

“Tentunya ini adalah pengorbanan yang bisa dicontoh. Ini juga menjadi pengalaman berharga, sehingga penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi telah menyelesaikan misi kemanusiaan yang luar biasa,” papar Budi Karyadi Kementerian Perhubungan, Senin (17/02/2020).

Lebih lanjut, Menhub juga memberikan ucapan terimakasih karena seluruh kementerian dan lembaga telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik sehingga proses evakuasi WNI berjalan dengan lancar.

“Oleh karenanya, saya selaku Menhub memberikan penghargaan Adikarya Dirgantara Adirajasa ke perseroan atau lembaga. Penghargaan bagi mereka yang bekerja keras selesaikan misi kemanusiaan yang luar biasa,” katanya.

Ia menambahkan dampak dari virus corona ini telah menyebar di 27 negara, dan tidak diharapkan meluas hingga ke sektor perekonomian, terutama perdagangan dan pariwisata.

“Kita punya tugas lagi di masa mendatang. Indonesia tak ingin virus ini menjangkit di tempat lain,” katanya.

Menurut Menhub, penghargaan tersebut tidak sebanding dengan risiko yang ditanggung para pilot dan kru.

“Penghargaan kami berikan untuk 18 kru ini tak sebanding dengan risiko yang Anda tanggung. Tapi, ini pengorbanan yang patut dapat penghargaan. Yang dilakukan Anda-Anda ini jadi contoh dengan kebersamaan kita bisa selesaikan apapun yang sulit. Terima kasih atas misi kemanusiaan ini. Selamat kembali ke Tanah Air ke kru Batik dan semua instansi di sini,” katanya.

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, TNI AU dan lainnya.

Di sela pemberian penghargaan kepada awak pesawat, founder Lion Group Rusdi Kirana memberi hadiah berupa uang dengan nominal yang cukup fantastis, antara Rp 15 juta hingga Rp 50 juta.

“Ini spontan saja, kami berikan untuk para awak pesawat,” ujar Rusdi.

Adapun, evakuasi WNI dari Wuhan dilakukan pada 31 Januari 2020 menggunakan pesawat Batik Air Airbus A330. Penjemputan dilakukan pukul 12.00 WIB. Setelah itu, para WNI dikarantina di Natuna dan baru dipulangkan 15 Februari 2020 kemarin.

96 total views, 1 views today