Menimbang Sosok Wishnu Dewanto Sebagai Wakil Menteri BUMN

0

LensaMedia.id – Tepat pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 12 nama yang nantinya akan dilantik sebagai wakil menteri untuk turut membantu kinerja Kabinet Indonesia Maju. Khusus untuk Menteri BUMN sendiri, Presiden Jokowi telah menunjuk dua orang untuk menjadi wakil menteri, yaitu Budi Sadikin dan Kartika Wirjoatmojo.

Dibandingkan kementerian yang lain, kementerian BUMN dinilai membutuhkan lebih banyak formasi wakil menteri mengingat begitu banyaknya jumlah BUMN yang harus diurus sekaligus dibenahi oleh pemerintah. Terlebih lagi, kondisi beberapa BUMN belakangan ini terbilang cukup memprihatinkan, namun sejak Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN, kinerja BUMN di bursa saham disambut baik dengan naiknya harga-harga saham perusahaan BUMN. Gairah positif ini tentu saja menuntut pemerintah untuk menimbang sosok-sosok yang berkompeten dan kredibel untuk mengisi pos wakil menteri yang jumlahnya lebih dari satu orang.

Menimbang Sosok Wishnu Dewanto

Presiden Jokowi saat diwawancarai oleh wartawan pernah menyampaikan, bahwa pos wakil menteri di Kementerian BUMN harus diisi lebih banyak orang. Dalam keterangannya, Jokowi bahkan membutuhkan tiga orang wakil menteri untuk Kementerian BUMN.

“Misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wakil menteri sampai tiga, dan itu diperlukan, kita tahu BUMN kita berapa? Ada 140-an perusahaan,” ujar Jokowi.

Jika memang Presiden Jokowi merasa Kementerian BUMN saat ini membutuhkan satu sosok lagi untuk mengisi pos wakil menteri BUMN, banyak pihak menilai, sosok Dr. Wishnu Dewanto, SH, MH sebagai salah satu figur yang tepat untuk diberikan amanah tersebut.

Seperti kita tahu, Wishnu Dewanto merupakan sosok yang berkompeten dan dikenal cukup dekat dengan Menteri BUMN, Erick Thohir dan juga sangat loyal pada perjuangan memenangkan Presiden Jokowi saat Pilpres 2019 lalu. Kedekatan Wishnu dengan Menteri BUMN dan Presiden Jokowi sebenarnya sudah menjadi modal yang sangat baik untuk menjalankan program-program di Kementerian BUMN.

Selain itu, melalui tangan dinginnya, Wishnu juga berhasil membentuk organisasi Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCM) hingga berhasil menyebar di seluruh Indonesia hanya dalam waktu satu tahun saja. Kemampuannya dalam mengorganisir lembaga dan merancang program yang tepat dalam mengkampanyekan Islam yang toleran melalui MCM, menuai banyak pujian dari berbagai pihak.

Sebagai sosok akademisi sekaligus pengusaha yang berpengalaman, banyak yang mendukung agar Presiden Jokowi mempertimbangkan sosok Wishnu Dewanto untuk membantunya dalam menjalankan program-program di Kementerian BUMN. (Red)

300 total views, 1 views today