Rabitha Alawiyah Puji Komitmen Listyo Sigit Wujudkan Polri yang Humanis

0

Jakarta | Lensamedia.id — Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo benar-benar menunjukan penghormatan kepada ulama dan Habib sekaligus komitmennya untuk melibatkan kelompok masyarakat dan individu yang berpengaruh dalam memimpin Polri. Dua ormas Islam terbesar di tanah air, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, telah ditemuinya. Pada Sabtu (30/1/2021), giliran Rabitha Alawiyah — organisasi para habaib, yang dikunjungi oleh Jendral Listyo Sigit.

Kapolri Listyo Sigit yang datang bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan sejumlah jendral polisi disambut hangat oleh Ketua Umum Rabitha Alawiyah Habib Habib Zein bin Umar bin Smith beserta sejumlah habib. Mereka lalu melangsungkan pembicaraan khusus di dalam kantor Rabitha.

Usai pertemuan, Kapolri menjelaskan bahwa, kunjungannya kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan silaturahmi dengan ulama dan ormas Islam. “Tentunya kegiatan ini yang pertama adalah melaksanakan silaturhami. Yang kedua, kami tadi di dalam berdiskusi bagaimana kita bisa membangun sinergi yang lebih baik,” ujar Kapolri.

Kapolri mengaku ingin bersinergi dengan para ulama dan habib untuk menyampaikan kepada umat terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dengan bahasa umat. Juga himbauan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dan mendukung pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

Menyikapi niat Kapolri Listyo Sigit tersebur,, Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein menyambut positif. Menurutnya, kunjungan Kapolri telah menghubungkan kembali ‘jembatan’ yang sempat terputus antara Polri dengan Rabitha Alawiyah yang menaungi seluruh keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia..

“Alhamdulillah ada silahturahmi dari Kapolri yang baru, di mana beliau melanjutkan kunjungan terakhir ke sini, zaman Pak Tito Karnavian. Sekarang Pak Listyo Sigit menyambung kembali. Dengan ketersambungan ini, komunikasi ulama dengan Polri tidak akan lagi tersumbat,” tutur Habib Zein.

Menurutnya lagi, dengan memperlancar komunikasi, maka semua hal yang dianggap masalah bisa didiskusikan dengan dialog. Apalagi, kata dia, Listyo Sigit menggaungkan dua pendekatan yakni humanis dan transparan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya tertarik dengan dua cara pendekatan beliau sebagai Kapolri. Ini merupakan kemajuan besar, karena apapun, dengan dialog, tidak akan terjadi hal-hal yang seperti kita terpisah, atau yang kurang baik,” ucap Zein yang disambut senyum Kapolri. (Husni/Ali)

81 total views, 3 views today