Radiapo Sinaga Ingin Membangun Tanah Kelahiran

    0

    lensamedia.id – Putra kelahiran Simalungun yang berdomisili di Batam dengan julukan ‘RHS’ ini kini menjadi salah satu Bakal Calon (Balon) Bupati Simalungun Tahun 2020. Pengusaha yang memulai karir dari bawah hingga dikenal sukses di dunia property wilayah Kepri dan perkebunan sawit ini tengah mendaftarkan diri.

    Radiapo yang dikenal low profile dan memiliki jiwa sosial yang tinggi ini telah memasang ratusan spanduk dan baliho RHS di sejumlah titik di Kabupaten Simalungun, hingga saat ini belum diketahui siapa yang akan mendampingi Radiapo Hasiholan Sinaga.

    Ketika ditanya alasannya untuk maju menjadi calon orang nomor satu di Kabupaten Simalungun, Radiapo menjawab.

    “Saya sudah selesai dengan diri saya sendiri. Hidup saya sudah begitu berlimpah penuh berkat. Ini tentang janji suci saya pada ayahku. Dan juga pada semua saudaraku di tanah kelahiranku”, katanya.

    Radiapo menambahkan, Perubahan dimulai dari semangat mewujudkan harapan. Harapan itu tentang cita-cita. Harapan itu tentang mimpi. Harapan itu tentang seperti apa masa depan yang ingin kita raih 5-10 tahun mendatang.

    Radiapo Hasiholan Sinaga, putra asli Simalungun lahir dari keluarga miskin. Ayahnya seorang petani yang harus pontang panting bekerja keras sekali. Bekerja pontang panting agar bisa menyekolahkan anak2nya.

    Radiapo kecil tahu warisan terbesar dari ayah ibunya bukanlah tanah yang luas atau kebun sawit yang luas. Ia pun kecil belajar dari ayahnya bahwa lahir dalam kemiskinan itu adalah takdir. Tapi hidup dalam kemiskinan adalah pilihan.

    Radiapo punya semangat belajar tinggi. Sambil belajar ia ikut bekerja keras membantu orang tuanya.
    Asanya tentang menjadi orang begitu besar. Harapan bisa membawa kebanggaan bagi ayah ibunya membuncah. Mimpinya menjadi manfaat bagi tanah kelahirannya begitu bergelora. Sejak tamat sekolah menengah, Radiapo remaja merantau meninggalkan tanah kelahirannya Simalungun.

    Ia memulai dari tiada. Hanya berbekal baju di badan. Merangkak tertatih-tatih. Jatuh bangun. Pantang menyerah. Bekerja begitu keras. Bahkan bisa bekerja 24 jam sehari.

    Radiapo tahu orang tuanya tidak memberinya warisan kekayaan. Warisan terbesar yang diingatnya hanyalah bekerja keras, jujur dan sungguh2.

    Perlahan kesuksesan menyertainya. Perlahan mentari yang tertutup awan tersingkap. Dari menjadi buruh kecil merangkak menjadi supervisor. Ia gemar menabung. Mengumpulkan satu rupiah demi rupiah. Bekal dirinya untuk membuka usaha sendiri.

    Proses kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Ditopang keluarga kecilnya yang begitu mendukung, Radiapo mengubah kemiskinan itu menjadi berkat bagi sesama.

    Usahanya maju pesat. Dari Bank Perkreditan Rakyat merambah ke developer perumahan. Juga masuk bisnis perkebunan kelapa sawit. Ada puluhan perusahaan yang dikembangkannya.

    Pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini mencanangkan akan maju sebagai Calon Bupati Simalungun periode 2020-2025. Keseriusan ditunjukkan RHS dengan mendaftar ke sejumlah partai politik (parpol). Sebagai Informasi Radiapo sudah melakukan pendaftaran ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada bulan Desember 2019 kemarin.

    Dengan motto ‘Rakyat Harus Sejahtera’, pria kelahiran Kabupaten Simalungun ini juga telah melakukan sosialisasi dan terjun langsung menemui masyarakat Simalungun.

    Namun hingga saat ini belum diketahui pasti siapa pendamping RHS nantinya untuk ‘bertarung’ di Pilkada Simalungun. Ada sejumlah nama digadang-gadang mendampingi RHS, dari mulai Anggota DPRD Simalungun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan kalangan birokrasi.

    Pengajuan pencalonan yang disampaikan oleh Radiapo Hasiholan Sinaga pada Sabtu (14/9/2019) memiliki kriteria yang layak untuk menjadi Calon Bupati Simalungun.

    Kehadiran Radiapo yang mendaftar ke beberapa partai politik pun turut disambut hangat, oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Simalungun, Steven Samrin Girsang beserta tim penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

    “RHS (Radiapo Hasiholan Sinaga, red) punya visi misi yang terukur dan visi misi tersebut tidak muluk muluk,” kata Samrin Girsang yang juga Anggota DPRD terpilih di Kabupaten Simalungun.

    Kehadiran Radiapo turut disambut oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Simalungun, Steven Samrin Girsang beserta tim penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

    Mereka langsung diterima Ketua DPD Partai NasDem Simalungun Ida Masta Saragih serta Sekretaris sekaligus Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Partai NasDem Bernhard Damanik, serta sejumlah pengurus dan kader Partai NasDem, di kantor DPD Partai NasDem, Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

    Sebelumnya, Bernhard Damanik menyampaikan apresiasi atas keseriusan RHS dan tim yang mengembalikan serta melengkapi berkas pendaftaran. Pihaknya sudah melakukan pemeriksaan awal persyaratan, yakni surat permohonan, surat pernyataan, daftar riwayat hidup, dan visi misi.

    “Kami sudah terima berkas pendaftaran ini dan akan diverifikasi. Selanjutnya akan direkomendasikan dan kami bawa ke DPW Partai NasDem Sumut untuk pemaparan di hadapan DPW. Selanjutnya akan disampaikan ke DPP. Kami bukan yang memutuskan, tapi DPP lah yang memutuskan siapa yang akan diusung oleh Partai NasDem,” kata Bernhard.

    Dalam kesempatan itu, Berhard meminta RHS segera menentukan calon wakil bupati. Sebab saat pemaparan di DPP, selain menyampaikan teknis dan usaha untuk memenangkan Pilkada, calon wakil bupati juga harus sudah ada, dan secara bersama menyampaikan pemaparan.

    Partai NasDem sendiri harus berkoalisi mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati, karena hanya memiliki lima kursi di DPRD Simalungun.

    Sementara RHS, usai menyerahkan berkas pendaftaran, kepada Partai NasDem menyampaikan, besarnya keinginannya diusung partai tersebut dalam pencalonan Bupati Simalungun tahun 2020 yang akan dilaksanakan 23 September tahun 2020.

    “Sungguh luar biasa penyambutan pengurus dan tim penjaringan,” ucap Radiapo kepada sejumlah awak media saat ditemui usai penyerahan berkas pendaftaran, Sabtu (14/9/2019)

    Radiapo yang memiliki istri boru Sidabutar dan 4 orang anak ini yakin akan diusung PDI Perjuangan sebagai Calon Bupati Simalungun. (red)

    1,130 total views, 2 views today