Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

0
ilustrasi

Lensa Media – Hingga saat ini penyakit jantung masih saja menjadi salah satu momok yang bisa dibilang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat. Perkembangan penyakit ini tidak lepas dari kebiasaan yang kurang sehat, karena seiring dengan berubahnya pola hidup di masyarakat itu sendiri.

Namun sebenarnya ada cara-cara yang bisa kita semuanya lakukan untuk menjaga agar jantung kita tetap sehat. Tiga cara mudah yang menyenangkan adalah sebagai berikut ini. Mari kita simak informasinya:

Mengonsumsi cokelat hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate sangat dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, yang secara tidak langsung turut andil di dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Sebuah penelitian di Italia menunjukkan, orang dengan penyakit pradiabetes dan juga hipertensi berhasil menurunkan risiko penyakit mereka dengan makan 3,5 ons cokelat hitam setiap hari selama 15 hari. Ini berkat senyawa flavonoid-antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam. Tetapi, kita perlu memilih dengan tepat jenis cokelat yang dimaksud. Pilih cokelat hitam dengan kandungan kakao minimum 65%.

Bermain game
Bermain game juga dapat membuat pikiran kita semuanya tenang dan bisa menjauhkan kita dari stres. Namun, permainan yang dimaksud adalah video game yang melibatkan kita turut bergerak aktif, yang menggunakan sensor gerak, seperti olahraga tinju dan jogging. Timothy Church, MD, ketua komite Physical Activity pada American Heart Association, menyatakan bermain game dengan berbasis sensor gerak sama baiknya dengan melakukan aktivitas di gym, asalkan kita bermain dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit seminggu.

Tertawa
Tertawa rupanya juga bisa membawa manfaat tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan arteri. Menurut sebuah studi pada tahun 2006 di University of Maryland, menertawakan adegan lucu menyebabkan pembuluh darah membesar sebesar 22%. Tertawa menyebabkan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah Anda menjadi lebih luas, sehingga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Demi kesehatan jantung khususnya, kita harus tertawa setidaknya 15 menit sehari untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut. (boy)

205 total views, 1 views today