Tips Untuk Mencegah Dari Serangan Stroke

0

Lensa Media – Stroke menjadi salah satu penyebab dari kematian ketiga tertinggi di dunia dan Indonesia. Stroke ini merupakan sebuah situasi yang dimana aliran darah menuju ke otak terhenti secara tiba–tiba. Brett Kissela, dari University of Cincinnati College of Medicine, Ohio, Amerika Serikat meneliti bahwa pengidap stroke meningkat di usia 20 hingga 54 tahun, hal ini disebabkan dari pola hidup yang buruk. Namun Anda tidak usah khawatir. Masih banyak kesempatan bagi Anda semuanya untuk mulai mencegahnya sejak dini. Bagaimana cara pencegahannya ? mari kita simak dalam artikel kali ini:

Olahraga teratur
Olahraga yang teratur adalah salah satu hal yang sangat penting Anda lakukan untuk bisa mencegah dari stroke. Olahraga terbukti membuat jantung lebih kuat sehingga mampu mengalirkan darah lebih optimal. Selain itu, olahraga bisa menurunkan tingkat kegemukan yang berisiko menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan lainnya. Aktivitas fisik yang ringan secara rutin akan mampu menurunkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung.

Konsumsi makanan sehat
Mulailah menjauhi makanan yang banyak mengandung lemak dan kolestrol berlebih. Konsumsi buah dan sayuran lebih banyak setiap harinya untuk mendapatkan asupan betakaroten yang cukup.

Kontrol tekanan darah
Periksalah tekanan darah Anda secara rutin dan berkala. Jika terdeteksi mengalami peningkatan, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berhenti merokok
Rokok terbukti telah menjadi faktor meningkatnya risiko stroke yang tinggi. Selain itu juga, dengan menghentikan kebiasaan merokok juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru–paru.

Jauhi alkohol
Bagi sebagian orang, alkohol dapat membantu menghangatkan suhu di dalam tubuh, tapi tidak jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Selain berisiko stroke lebih tinggi, orang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan akan mengalami kerusakan pada hati dalam jangka panjang.

Konsumsi potasium
Penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi makanan mengandung potasium setiap hari, akan mengurangi risiko stroke hingga 40%. Kentang, alpukat, dan kedelai adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan potasium.

54 total views, 1 views today