5 Wisata Budaya di Indonesia Paling Populer

0
Gambar ilustrasi

lensaindonesia.id – Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman budaya dan kesenian serta sejarah yang patut dipelajari. Bahkan, orang-orang dari luar negeri pun penasaran dengan keunikan Indonesia ini. Tidak heran banyak sekali objek wisata budaya di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Berikut beberapa daftarnya.

  • Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
    Salah satu wisata budaya adalah wisata religi. Dan bicara soal religi agama Islam di Indonesia, mungkin Aceh lah yang paling kuat menjalankan agama Islam. Salah satu wisata religi di Aceh yang fenomenal adalah Masjid Raya Baiturrahman.
    Sebenarnya masjid ini adalah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun pada tahun 1022 masehi oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Bangunan megah ini adalah miniatur Taj Mahal. Lokasinya ada di pusat Banda Aceh.
    Sebagai tempat bersejarah, yang Masjid Raya Baiturrahman dijadikan sebagai tempat wisata yang memiliki keindahan arsitektur indah dengan ukirannya yang menarik dan halaman yang luas. Masjid ini juga menjadi saksi bisu bencana dahsyat tsunami Aceh yang tetap berdiri tegak.

  • Istana Maimun, Medan
    Isatana Maimun merupakan sebuah Istana Kesultanan Deliyang di Medan. Istana ini juga merupakan ikon wisata Medan yang cukup populer.
    Bangunan dari istana inj didesain berdasarkan corak Arsitektur Italia. Pemrakarsa pembangunan istana ini adalah Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1891 masehi.
    Area bangunan memiliki luas sekitar 2.772 meter persegi. Istana ini terdiri dari 30 ruangan yang terbagi ke dalam 2 lantai. Ada 3 bagian dari istana inj, yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri, dan bangunan sayap kanan. Bangunan ini memadukan banyak unsur kebudayaan, yaitu Melayu (Islam), Spanyol, Italia, dan India.

  • Festival Lembah Baliem, Papua
    Festival ini adalah festival tahunan khas suku Papua. Festival Lembah Baliem ini diambil dari kepercayaan yang dianut oleh suku-suku setempat. Salah satu kepercayaan yang diyakini adalah bahwa perang bukan hanya merupakan sebuah konflik untuk memperjuangkan kepentingan dan kekuasaan belaka, melainkan juga menjadi simbol kemakmuran dan kesuburan.
    Hal ini tentu saja bertentangan dengan misi perdamaian. Oleh karena itu, kurang lebih 20 tahun belakangan, pemerintah daerah setempat telah memberikan sosialisasi pada masyarakat sekitar mengenai perdamaian antar suku.
    Lalu dibukalah Festival Lembah Baliem. Tujuannya adalah untuk menggantikan perang antar suku, sehingga ritual perang di pedalaman bisa beralih menjadi kesenian yang unik dan indah.

  • Festival Krakatau, Lampung
    Festival Krakatau adalah festival rutin tahunan yang diadakan di Lampung. Seperti namanya, Fesitival Krakatau ini diadakan dalam rangka memperingati atau menghargai pulau vulkanik yang terkenal hingga mancanegara, yaitu Pulau Krakatau.
    Selama festival, para wisatawan dapat menikmati bermacam-macam pertunjukkan khas daerah setempat. Salah satu pertunjukan dari Lampung yang terkenal adalah Karnaval Topeng Lampung dan atraksi gajah dari Way Kambas.
    Jika ingin dapat melihat festival ini, carilah informasinya sebelum berangkat. Biasanya festival diadakan tiap antara bulan Juli sampai Oktober setiap tahunnya.

  • Toraja, Tana Toraja
    Kabupaten Tana Toraja merupakan sebuah daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Tana Toraja sudah lama menjadi destinasi wisata yang unik di Indonesia.
    Wisatawan yang datang bukan hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan internasional yang penasaran dengan tradisi adat, arsitektur adat, sampai upacara adat Toraja.
    Tana Toraja dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan. Mereka mempertahankan gaya hidup yang khas. Bahkan mereka juga masih berpegang pada gaya hidup Austronesia yang dekat dengan alam.

Selain itu, ada juga beberapa wisata budaya di Indonesia yang cukup terkenal lain dan populer di masyarakat, seperti:

  1. Gunung Bromo, dengan kekayaan budaya dari masyarakat suku Tengger yang masih sering menjalankan ritual adat hingga saat ini.
  2. Pulau Komodo, dengan kekayaan khas Indonesia berupa hewan jenis naga yang hanya ada di Indonesia.
  3. Lawang Sewu, yang merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda dan eksis hingga saat ini.
  4. Kota Tua Jakarta, yang merupakan kawasan kota kuno dengan banyak museum dan bangunan kolonial Belanda.
  5. Objek wisata ziarah para wali, yang tersebar merata di seluruh penjuru pulau Jawa.
    Demikianlah beberapa objek wisata budaya di Indonesia yang tersebar merata di seluruh penjuru nusantara dan bisa dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Semoga bermanfaat.

 266 total views,  1 views today