BEM IPB Sukseskan Program Vaksinasi dari Polri

0

BOGOR (Lensamedia.id) – IPB University berkolaborasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB Inspira) dalam menyelenggarakan vaksinasi massal.

Vaksinasi ini diikuti oleh 5000 peserta dari mahasiswa, alumni, dosen, serta masyarakat sekitar. Kegiatan berlangsung selama dua hari, tanggal 3 – 4 Agustus 2021 di Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat.

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa IPB (BEM KM IPB) sebagai relawan yang membantu jalannya kegiatan ini. Sebanyak 50 mahasiswa untuk turut serta membantu jalannya kegiatan vaksinasi massal.

Mahasiswa sebagai petugas pada vaksinasi massal ini bertanggung jawab dalam melakukan pemasukan data vaksinasi ke situs Primary Care (P-Care) dan mengawasi jalannya observasi pasca vaksinasi, dalam pemasukan data vaksinasi ke situs P-Care mahasiswa sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari dr. Naufal Muharam Nurdin.

Dalam kesempatan ini Rektor IPB University, Prof Arif Satria, yang turut hadir langsung di lokasi dan menyapa peserta vaksinasi massal. Beliau mengatakan bahwa IPB University saat ini merupakan salah satu sentra vaksinasi. IPB University menjadi kampus yang concern terhadap vaksinasi bagi civitas academica juga masyarakat.

“Ini adalah momentum penting untuk percepatan proses vaksinasi. Ini juga merupakan upaya kita untuk terus membantu pemerintah daerah untuk perluasan cakupan vaksin” ujarnya.

Selain itu, hadir pula Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sidarto Danusubroto, Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro, Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim), Polri Brigjen Pol Syahardiantono, Bupati Bogor, Ade Yasindan Kapolres Bogor, dan AKBP Harun, SIK. SH. untuk memantau kegiatan vaksinasi massal tersebut.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan perlunya percepatan vaksinasi. Ia berharap, melalui kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan IPB ini, vaksinasi dapat dilakukan secara masif.

Pandjy Taryana Poetra selaku Wakil Presiden Mahasiswa KM IPB, menyatakan bahwa ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sekitar dalam rangka menyukseskan percepatan vaksinasi nasional dan membantu terciptanya herd immunity.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara mahasiswa dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menghadirkan solusi dalam mengatasi pandemi Covid-19, dan berharap Indonesia akan kembali pulih agar dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara luring seperti biasa.

Pandjy juga mengajak mahasiswa dan seluruh kalangan masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi massal tersebut dan membantu masyarakat sekitar dalam mengedukasi pentingnya vaksinasi dalam penanganan pandemi covid-19. (Anm)

 32 total views,  1 views today