Budiman Damanik Ucapkan Selamat kepada Pj Gubernur Sumut Hassanudin

0

Medan,lensamedia.id-Tokoh Sumatera Utara, Budiman Damanik alias Ucok Damanik menyampaikan ucapan selamat kepada Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudian ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara.

“Selamat kepada Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Hassanudin yang ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara. Semoga proses pelantikan Beliau berjalan lancar dan amanah dalam memimpin Sumatera Utara,” ucap Budiman Damanik, Sabtu (2/9/2023).

Budiman Damanik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah selama menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara selama 5 tahun.

Ia juga berharap pembangunan di Sumut yang telah dan sedang dilaksanakan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeksah dapat dilanjutkembangkan oleh gubernur dan wakil gubernur selanjutnya berdasarkan Pilgub Sumut 2024.

Untuk diketahui, Hassanudin menggantikan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah yang mengakhiri jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada 5 September 2023.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (31/8/2023). Hassanudin bersama 9 Pj kepala daerah lainnya dikabarkan akan dilantik pada 5 September 2023 oleh Presiden.

Hassanudin merupakan kelahiran Palembang, 7 Septemberi 1965, dan lulusan Akmil 1989 dari kecabangan Artileri Pertahanan Udara. Hassanudin merupakan seorang Purnawirawan TNI-AD yang terakhir menjabat Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat sejak 25 Februari 2022 hingga 24 Agustus 2023.

Ia juga sempat menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan dari 18 November 2020 sampai 25 Februari 2022.

Sementara, Edy Rahmayadi dan wakilnya Musa Rajekshah akan berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada 5 September 2023.

Edy Rahmayadi mengutarakan, penunjukkan Pj Gubernur Sumut merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

“Itu urusan Mendagri, gimana saya mau bilang,” kata Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (31/7).

Ia enggan mengomentari rencana dirinya akan maju kembali di Pilgub 2024.

“Nanti kita lihat ya. Nanti kalau saya bilang sekarang, nanti salah itu. Nanti kita pikirkan itu,” jelasnya. (rief)

 

 479 total views,  1 views today