Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Olah Raga dan Pola Makan yang Sehat

0

Tubuh yang sehat adalah hal yang diinginkan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat seseorang dapat beraktivitas dengan normal tanpa terganggu. Oleh karena itu setiap orang harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh.

Cara menjaga kesehatan tubuh ada banyak, salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan yang baik dan benar. Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu jenis makanan yang dimakan akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Berikut cara menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang sehat harus mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Setiap zat gizi mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk tubuh. Oleh karena itu sebaiknya saat makan pilihlah makanan yang bervariasi dan bergizi lengkap. 

Karbohidrat terkandung dalam nasi, jagung, singkong, kentang, dan gandum. Protein dapat diperoleh dari lauk pauk seperti daging, ikan, tahu, tempe, dll. Sedangkan vitamin dan mineral banyak terkandung dalam sayur dan buah. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi tubuh maka daya tahan tubuh akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Hindari makanan yang terlalu asin dan manis

Makanan yang asin mengandung garam atau natrium yang tinggi. Dalam sehari batas maksimal konsumsi garam adalah 5 gram atau sekitar 1 sendok teh. Makanan olahan, makanan kaleng, dan makanan kemasan biasanya mengandung kadar natrium yang tinggi, sehingga lebih baik dihindari. Kadar garam yang berlebihan dalam tubuh meningkatkan risiko terserang penyakit darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan.  Makanan manis mengandung kadar gula yang tinggi. Batas maksimal mengkonsumsi gula dalam sehari adalah  50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.  Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah. Jika gula darah melebihi normal maka akan terjadi penyakit diabetes. Selain itu makanan yang manis juga dapat menyebabkan berat badan cepat naik.

3. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jumlahnya tidak banyak. Batas maksimal konsumsi lemak dalam sehari adalah sekitar 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan minyak. Konsumsi lemak yang berlebihan dapat menyebabkan lemak menumpuk dalam tubuh.

 201 total views,  1 views today