Denyut Jantung Meningkat Saat Olahraga, Ini Sebabnya!

0

Lensa Media – Salah satu hal yang akan dirasakan oleh tubuh kita semuanya pada saat melakukan olahraga adalah meningkatnya denyut jantung keras dengan signifikan. Apakah ini bahaya?

Begini, mari kita simak beberapa ulasannya. Sebenarnya semakin tinggi intensitas olahraga, semakin tinggi pula denyut jantung kita semuanya. Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab meningkatnya denyut jantung kita pada saat berolahraga?
Banyak sekali dari pakar kesehatan menyebutkan bahwa meningkatnya denyut jantung ini disebabkan oleh kebutuhan oksigen pada otot yang juga ikut meningkat akibat dari melakukan aktivitas fisik. Otot juga membutuhkan cukup banyak sekali oksigen agar bisa berkontraksi dan juga bisa melakukan berbagai gerakan.

Oksigen ini kemudian didapatkan dari sel-sel darah merah yang mengalir hingga otot. Karena kebutuhan oksigen yang meningkat, maka jantung pun akan bekerja dengan lebih keras demi memenuhi kebutuhan oksigen tersebut.
Tidak hanya membuat denyut jantung menjadi lebih tinggi saja, namun melakukan olahraga juga akan membuat suhu tubuh ikut meningkat dan nafas pun akan menjadi lebih cepat.

Hal ini dikarenakan tingginya jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh Anda pada saat berolahraga. Kondisi ini pun juga akan membuat darah terus dialirkan ke bagian kulit dengan tujuan mendinginkan suhu tubuh sehingga jantung juga akan bekerja dengan lebih keras lagi.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas menyebutkan bahwa olahraga membuat kita kehilangan jumlah cairan di dalam tubuh dengan cepat melalui keringat. Hal ini ternyata juga akan membuat jantung memompa darah menuju ke arah kulit dengan lebih keras demi menjaga tubuh tetap dalam kondisi dingin dan mencegah Anda dari dehidrasi.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Mengapa demikian? Asalnya adalah agar jantung kita bisa menyesuaikan diri dengan kondisi pada saat bekerja keras di dalam melakukan latihan fisik. Setelahnya, kita juga sebaiknya selalu melakukan pendinginan terlebih dahulu. Jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi air yang cukup, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik setelah berolahraga.

 1,444 total views,  2 views today