Driver Taksi Online Gelar Aksi Massa Terkait Kebijakan Perluasan Ganjil Genap

0

Lensamedia.id (Jakarta) – Lalu lintas depan Balai Kota Pemprov DKI Jakarta siang ini (19/08/2019) tersendat dikarenakan penuh oleh para pengemudi taksi online yang sedang berunjuk rasa.

Pengunjukrasa menyuarakan terkait kebijakan Pemerintah DKI Jakarta yang menerapkan perluasan area ganjil genap. Ali Famansyah, salah satu penggeraknya menyebutkan bahwa mereka sebenarnya adalah masuk di kategori angkutan umum. Sebagaimana tertuang dalam regulasi Peraturan Menteri Perhubungan nomor 118 tahun 2018, transportasi online termasuk dalam angkutan sewa khusus.

Adapun tuntutan yang disampaikan para pengujuk rasa agar mereka dapat terbebas dari aturan zona ganjil genap.

“Kami ini selalu komitmen mendukung regulasi, selama kami bisa tetap mencari nafkah.” Ujar Sulistiyo Raharjo Ketua Umum Perkumpulan Armada Sewa Indonesia.

“Jadi seharusnya kami juga dilibatkan untuk pembahasan aturan ini” tambahnya.

Sementara aksi demonstrasi berlangsung, kepala Dinas Perhubungan DKI Safrin, didampingi oleh Direktur Multi Moda Kementerian Perhubungan Ahmad Yani akhirnya menemui massa aksi ke atas mobil komando, dan menyampaikan bahwa perwakilan driver online akan dilibatkan untuk pembahasan terkait aturan ganjil genap.

“Sekarang ini aturan tersebut baru dalam tahap uji coba, nanti kita undang juga perwakilan taksi online dalam FGD” Tutur Safrin, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Dari pantauan di lapangan, aksi berlangsung tertib dan kondusif. Selain itu, aksi unjuk rasa juga dimeriahkan dengan joget bersama Kapolres Metro Jakarta Pusat yang didampingi oleh Kapolsek Gambir. (Red)

 186 total views,  2 views today