Gerakan Pemuda Nusantara Kabupaten Bogor Menyambut Baik Wacana Pembentukan Provinsi Bogor Raya

0

Bogor – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kabupaten Bogor, Ghilman Hanif, menyambut baik dan mendukung wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya, hal tersebut beralasan sama dengan yang disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin, bahwasanya provinsi yang mengakomodir lima kota kabupaten usulannya akan meringankan kerja Gubernur Jawa Barat

“kami menyambut baik wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya digaungkan lagi, maka dari itu kita mendukung adanya kajian yang lebih mendalam agar hal tersebut dapat terealisasi” Ucap Ghilman Hanif saat diwawancarai, Senin (17/1/2022).

Wacana mengenai pemekaran Provinsi Bogor Raya sudah lama menjadi bahasan publik, namun beberapa elemen masyarakat, pemuda atau para politisi, ada yang mendukung maupun tidak mendukung wacana tersebut.

“kami dari Gerakan Pemuda Nusantara Kabupaten Bogor mendukung akan wacana ini, namun poinnya kita harus mengkaji, mendisukikan bersama dengan seluruh elemen, seberapa urgennya dan apa dampak yang akan terjadi jika pemekaran Provinsi Bogor Raya ini terjadi” tambah Ghilman.

Ghilman menambahkan, bahwa, RUU IKN saja bisa menjadi Undang-undang dengan cepat dan Ibu Kota Negara bisa dipindahkan, dengan alasan agar para Investor tertarik dan ada kepastian hukum, namun apa bedanya dengan Provinsi Bogor Raya nanti.

Disisi lain, Ketua Dewan Penasihat GPN Kabupaten Bogor, Arfa Gunawan, yang juga Ahli Hukum menyatakan bahwa “Kalau baik kenapa tidak dilanjutkan wacana ini menjadi langkah konkrit, kalau tidak baik jangan dilanjutkan, maka eloknya kita kaji bersama-sama, apa dampaknya dan bangun konsolidasi spiritual” Ucap Arfa

Arfa juga menambahkan bahwa, secara Historis Kabupaten dan Kota yang akan digabungkan menjadi Provinsi Bogor Raya merupakan daerah yang besar dan memiliki nilai Historis yang tinggi.

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin mengompori Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, untuk mengusulkan wacana pembentukan provinsi Bogor Raya
Usulan pembentukan provinsi baru itu disampaikan Ade Yasin yang juga Ketua DPW PPP itu saat menghadiri Peresmian Kantor Tribunnews Bogor di Jalan Pemuda nomor 46, Tanah Sereal, Kota Bogor, Kamis (13/1/2022).

“Mudah-mudahan nanti ya barangkali bisa juga mengembangkan wilayah yang besar ini, Bogor. Bogor ditambah Cianjur-Cianjur, Sukabumi-Sukabumi, Depok itu lebih dekat ke sini lebih berserumpun di sini. Saya kira jadiin aja provinsi. Bener gak Kang Bim?,” kata Ade Yasin. (**)

 915 total views,  2 views today