Gelar Operasi Yustisi, Kapolda Sulut: mencegah Covid-19, wajib menaati 3M

    0

    Manado | Lensamedia.id – Untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan Covid-19, Polda Sulawesi Utara bersama TNI dan Satpol PP melaksanakan operasi yustisi.

    Operasi yustisi ini dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin masyarat menjalankan protokol kesehatan sehingga penularan pandemi Covid-19 dapat ditekan.

    Hari ini Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra saat memimpin upacara menyampaikan, operasi yustisi ini dilakukan sebagai upaya untuk menegakkan Peraturan Daerah, baik Pergub, Peraturan Bupati atau Peraturan Walikota, agar masyarakat sehat dan tak terpapar virus corona

    “Covid menjadi persoalan nasional, meskipun di Sulut saat ini masih zona orange, kita berupaya bersama agar tidak masuk ke zona merah Covid,” tegas Irjen Pol Panca Putra di Mapolda Sulut, Senin (14/9/2020).

    Suasana Apel Opreasi Yustisi di Mapolda Sulut. (Foto: Dok. Polda Sulut).

    Irjen Pol Panca Putra, saat memimpin apel gelar pasukan operasi yustisi, menegaskan bahwa upaya menurunkan tingkat keterpaparan Covid-19 di Sulawesi Utara harus mengikuti 3M dalam penegakan protokol kesehatan.

    “Hari ini secara nasional, Satgas Pusat memerintahkan seluruh jajaran untuk melaksanakan penegakan hukum terkait Peraturan Daerah yang ada untuk mencegah Covid, yaitu wajib menaati 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” sambung Panca Putra.

    Kapolda Sulawesi Utara yang baru dilantik ini pun menegaskan, masyarakat harus menaati protokol kesehatan, agar operasi yustisi ini berjalan efektif.

    “Kita laksanakan Operasi yustisi ini untuk mengingatkan masyarakat, jangan membuat masyarakat merasa takut, resah dan khawatir. Buatlah operasi yustisi yang simpatik,” pesan mantan Direktur Penyidikan KPK ini.

    Dia berharap kesuksesan operasi yustisi kali ini diikuti peningkatan kepatuhan masyarakat dan membuat protokol kesehatan menjadi kebiasaan masyarakat, dan operasi yustisi ini tetap memberikan sanksi yang beragam.

    Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra usai pimpin upacara gabungan Operasi Yustitusi. (Foto :Dok. Polda Sulut).

    “Sanksinya ada macam-macam, ada yang bersifat administrasi berupa denda sesuai Peraturan Daerah, ada yang sifatnya pendekatan sosial seperti teguran atau sanksi fisik kerja di tempat sosial,” tambah Panca Putra.

    Pencegahan penyebaran Covid-19 harus terus dilaksanakan, agar pertumbuhan ekonomi nasional tetap berjalan dengan baik. Apel gabungan ini dihadiri juga Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Meyer Putong, para PJU Polda, Kasat Pol PP Sulut dan dari Dinas Perhubungan.(Gtg-03). (glm)

     309 total views,  1 views today