Jangan Lengah! Inilah Pentingnya Anda Menjaga Nilai Kejujuran Dalam Hidup

0

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki”
(Muhammad Hatta)

LensaMedia.id – Kejujuran tidak hanya sekedar sifat terpuji, tapi jauh lebih dari itu, kejujuran memiliki kedudukan dan nilai yang sangat tinggi dalam kehidupan manusia. Banyak orang – orang bijak yang meletakkan kejujuran diatas segalanya, bahkan nilainya melebihi harta sebanyak apapun itu. Ibaratkan pepatah, sekali saja orang berbohong, maka dia tidak akan dipercaya lagi. Itulah kenapa, tokoh Proklamator, Muhammad Hatta menyebutkan bahwa jika seseorang tidak jujur, maka selamanya akan sulit diperbaiki. Begitulah tingginya nilai kejujuran itu.

Oleh karenanya, jangan pernah kita menyepelekan atau menganggap remeh kepercayaan yang sudah diberikan kepada kita. Ibaratkan harta, kepercayaan atau amanah itu mahal sekali harganya, jika dikhianati dengan ketidakjujuran, maka kekecewaan yang akan didapatkan oleh orang yang anda khianati itu akan sangat besar. Itulah kenapa, ketika seseorang berbohong atau berkhianat sekali saja, maka akan sulit orang percaya lagi padanya.

Mulai dari lingkup keluarga, kejujuran wajib diajarkan, itulah kelak yang akan menjadi benteng awal pengendalian perilaku seorang anak di lingkungan sosialnya. Dalam ilmu agama, kejujuran merupakan pangkal dari akhlak, bahkan banyak nabi yang menjadikan kejujuran sebagai cerminan akhlak yang dicontohkannya kepada umatnya.

Dalam kehidupan bermasyarakat misalnya, kedudukan orang yang tidak jujur sangatlah buruk. Misalnya berbuat curang, mengkhianati kepercayaan orang lain, atau memanfaatkan orang lain demi kepentingan pribadi, atau dalam sebuah pepatah ibaratkan menggunting dalam lipatan. Ibaratkan membuka warung dalam warung, apalagi membuka toko dalam warung, seperti itulah perilaku orang yang memanfaatkan kepercayaan orang lain demi mementingkan dirinya.

Meskipun orang dibohongi tidak mengetahuinya, cepat atau lambat Tuhan pasti akan memberikan ganjarannya, jika tidak didunia, pasti di akhirat. Semua perbuatan, baik atau buruk, pasti akan kembali kepada orang yang melakukannya. Siapa yang menabur pasti dialah yang akan menuai.

Oleh karena itulah, jagalah kejujuran sebagai nilai tertinggi yang wajib kita junjung dalam kehidupan kita. Jika kita mampu menjaga kejujuran dalam kehidupan kita, maka yakinlah, keberuntungan akan senantiasa menghampiri dan kemuliaan kita sebagai manusia akan kita peroleh. (Red)

 533 total views,  1 views today