Jumlah Penumpang Transportasi Udara dan Laut Meningkat

0
Gambar hanya ilustrasi dari data resmi BPS RI bulan Juni 2019

Lensa Media – Peningkatan layanan dan pengembangan infrastruktur transportasi yang selama ini gencar dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI terus menunjukkan hasil yang positif. Hal itu dibuktikan melalui hasil data peningkatan jumlah penumpang moda transportasi udara dan laut per Bulan Juni 2019 yang baru saja dirilis oleh BPS.

Berdasarkan data BPS yang kami terima hari ini, Rabu (28/08/2019), peningkatan jumlah penumpang layanan transportasi yang paling signifikan yakni di sektor transportasi udara. Lalu diikuti oleh peningkatan jumlah penumpang untuk jasa transportasi laut (pelayaran).

Untuk jumlah penumpang angkutan udara tujuan dalam negeri (domestik) pada bulan Juni 2019 mencapai 7,0 juta orang atau mengalami kenaikan sebesar 33, 55 persen dibandingkan bulan lalu. Kemudian untuk jumlah penumpang tujuan luar negeri (internasional) pada Juni 2019 mencapai 1,6 juta orang atau meningkat 9,14 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sementara itu, untuk sektor transportasi laut (pelayaran), jumlah penumpang untuk tujuan dalam negeri (domestik) pada bulan Juni 2019 mencapai 2,4 juta orang atau naik 12, 8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Meningkatnya jumlah penumpang jasa transportasi saat ini tidak terlepas dari peran serta pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan yang terus fokus mengembangkan layanan dan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Beberapa diantara yakni melakukan pembangunan infrastruktur transportasi yang terintegrasi, misalnya layanan Kereta Api yang terhubung dengan bandara dan pembangunan jalan tol yang memudahkan penumpang untuk mengakses bandara.

Selain itu, baru – baru ini, Kemenhub juga baru saja meluncurkan digitalisasi layanan transportasi. Kemudian membangun kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk pembangunan terminal dan penambahan bus – bus baru yang terintegrasi dengan bandara.

 208 total views,  1 views today