KA Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Solo Balapan Akan Diresmikan Akhir Tahun 2019.

0
sumber gambar DPJKA Dephub

lensamedia.id – Kereta Api Bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo ini dikabarkan bakal diresmikan pada 24 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah yang bertanggung jawab atas proyek pembangunan rel KA Bandara menjelaskan dari segi teknis konstruksi proyek KA Bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo ini baru kelar akhir Desember 2019.

“Memang beredar kabar simpang siur kapan KA Bandara akan diresmikan. Kami sebagai pelaksana berdasarkan kondisi di lapangan melaporkan real seperti apa. Namun demikian, kami mengikuti instruksi pimpinan, kami lakukan usaha percepatan jika memang mendesak untuk diresmikan akhir desember,” papar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Bram Hertasning, Jumat (6/12)

Meskipun dilakukan langkah percepatan, pihaknya tetap memperhatikan kualitas dan keselamatan. Dalam hal ini tahapan proyek semestinya setelah konstruksi rampung, maka masuk masa pengujian dilanjutkan uji coba, baru KA bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Bram menjelaskan sesuai timeline pekerjaan, penyambungan rel KA Bandara secara penuh pada Senin (10/12), setelah itu dilanjutkan uji coba pertama, pada Selasa (11/12).

Di samping itu, pengecoran terakhir pada terowongan di bawah tol, Jumat (20/12) dan butuh waktu 7 hari untuk proses pengeringan. Dengan demikian, pada Jumat (27/12) siap uji coba operasional KA Bandara.

“Arahan dari Pusat, kami pengerjaan sesuai timeline, tetapi kami diminta percepatan sehingga akhir Desember bisa dilakukan seremonial. Namun begitu, peresmian mengikuti kondisi yang ada di lapangan. Kalau menghendaki ada seremonial akhir Desember, kami sampaikan sesuai timeline itu masih masa uji coba operasi. Kami juga sodorkan opsi untuk peresmian awal Januari 2020 sekalian bisa langsung digunakan untuk masyarakat,” jelasnya. (red)

 213 total views,  1 views today