Komisi III DPR RI Buka Kemungkinan Tetapkan Idham Aziz Kapolri Hari ini

0

lensamedia.id – DPR melalui Komisi III bidang hukum memastikan penyelenggaraan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri dilakukan hari ini, Rabu (30/10/19).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengusulkan calon tunggal Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Idham dicalonkan Istana usai Jenderal Tito Karnavian ditarik masuk kabinet mengisi kursi Menteri Dalam Negeri.

“Kalau sore ini kami mendapat penugasan Bamus, maka malam nanti, kami akan meminta persetujuan anggota melakukan fit and proper test,” ujar Ketua Komisi III terpilih, Herman Herry di DPR, Selasa (29/10).

Selanjutnya, ujar Herman, pada Rabu pukul 09.00, Komisi III akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan pribadi dan meminta masukan masyarakat.

Herman bahkan tidak menutup kemungkinan pada malam harinya Komisi III langsung menetapkan Idham sebagai Kapolri.

“Langsung diteruskan ke paripurna untuk dilantik pada hari Kamis,” ujar politikus PDIP ini.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna, Rabu (29/10). Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin menyebut DPR secara resmi telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait pertimbangan menggantikan Jendral (Purn) Tito Karnavian.

Hal itu ia sampaikan saat Rapat paripurna DPR ke-4. Diketahui Tito sudah diberhentikan oleh Jokowi karena diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Indonesia Maju.

“Surat kedua dari Presiden RI dengan nomor R-54/Pres/U/2019 tanggal 17 Oktober hal Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Hal Jabatan Kapolri,” kata Aziz.

 381 total views,  1 views today