Komisi III DPR RI , Setujui Komjen Pol Idham Azis Jadi Kapolri

0
Komjen Pol Idham Azis

lensamedia.id – Komisi III DPR menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri. Keputusan ini diambil secara aklamasi.

“Semua fraksi berkesimpulan bahwa tidak perlu membuat pandangan fraksi nmun keputusan melalui kapoksi, yaitu aklamasi. Aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery di ruang Komisi III, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Keputusan persetujuan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri akan disampiakan ke pimpinan DPR. Rencananya paripurna hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri digelar besok.

“Sore ini kami langsung bersurat kepada pimpinan DPR untuk dibawa ke paripurna besok,” kata Herman.

Komjen Idham dalam paparan punya tujuh program prioritas yang akan dieksekusi jika diberi tugas sebagai Kapolri. Tujuh program prioritas itu meliputi pengembangan SDM hingga penataan kelembagaan.

Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).

Di depan Komisi III DPR RI, Komjen Idham Azis juga membeberkan tujuh program prioritas untuk memajukan Polri. Program tersebut merupakan penguatan Polri promoter (profesional, modern dan tepercaya).

“Jika diberikan kepercayaan amanah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kapolri saya akan melakukan program penguatan Polri yang promoter menuju indonesia maju, yang diimplementasikan dalam tujuh program prioritas,” tuturnya.

Tujuh program tersebut pertama, mewujudkan SDM yang unggul. Kedua, pemantapan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibnas). Ketiga, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

Keempat, pemantapan manajemen media. Kelima, penguatan sinergi polisi. Keenam, penataan kelembagaan dan ketujuh penguatan pengawasan.

Dia menyatakan jika terpilih menjadi Kapolri, akan berusaha menjaga amanah tersebut dengan sebaik mungkin. “Saya bismillahi tawakkaltu akan melaksanakan amanah ini dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, menilai Idham layak menjadi kapolri. Dia juga berkesimpulan, keluarga Idham bisa menjadi panutan bagi seluruh korps Bhayangkara jika nanti dipilih menjadi Kapolri.

“Bapak dan Ibu (Idham) ini akan jadi bapak ibu dari anggota Polri di seluruh Indonesia. Dan kami yakini bahwa mereka sanggup menjalankan tugas dan amanah tersebut,” ujar Herman.

Usai fit and proper test, Komjen Idham langsung meneken pakta integritas. Komjen Idham juga mengutip kata bijak dari BJ Habibie.

 374 total views,  1 views today