Lamhot Sinaga Membagikan Mesin Pemipil Jagung, agar Rakyat Sejahtera

0

Toba – Anggota DPR RI Komisi VII, Lamhot Sinaga, menyerahkan bantuan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indofarma, Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Gas Bumi (SKK Migas) dan Mitra Kerja Komisi DPR RI, berupa infrastruktur desa dan alat mesin pertanian (alsintan) pemipil jagung di Kabupaten Tob

Menurutnya, berdasarkan hasil studi kebijakan pengembangan komoditas tanaman pangan dalam mendukung program percepatan dan perluasan lahan tanam jagung, perlu didukung oleh ketersediaan alsintan pra tanam dan produksi.

“Hasil amatan dan kajian, banyak hal yang dipersiapkan untuk membantu petani dalam hal kebijakan. Apakah dalam kebijakan pola tanam dan juga pola produksi, sehingga petani lebih dimudahkan, khususnya untuk tanaman jagung,” Lamhot Sinaga kepada wartawan pada Kunjungan Reses di Toba, Senin (11/10/2021).

Lanjut Wakil Ketua Kosgoro 1957 itu, sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah tidak melakukan impor jagung, berdampak terhadap harga jagung nasional.

“Dengan tidak impor jagung, ternyata harga jagung petani meningkat. Artinya, kita perlu meningkatkan produksi jagung untuk kebutuhan jagung nasional. Sehingga perlu diimbangi dengan tersedianya mesin pemipil jagung bersumber dari mitra kerja karena tersedianya mesin pemipil jagung, jelas mendukung produksi biji jagung,” ucapnya.

Momentum kebijakan pemerintah tersebut,akan menegaskan tugas dan fungsi antara lembaga dengan institusi lain.

“Petani harus kita berikan rasa aman, dari proses pengolahan lahan sampai dengan pasca panen dan semua pemangku kepentingan sistem kerjanya diintegrasikan. Misalnya, tugas Kementerian Perdagangan dengan antara Menteri Pertanian harus jelas tugas dan tupoksinya, demikian seterusnya untuk pemerintah daerah,” harapnya.

Mewakili Masyarakat Desa Parsuratan ,Desa Huta Dame dan desa lain penerima bantuan CSR se-Kabupaten Toba, menyambut baik atas dukungan bantuan CSR untuk pembangunan saluran drainase dan alat mesin pemipil jagung. Kedepan, bantuan Anggota DPR RI Komisi VII diharapkan menambah produktivitas hasil pertanian.

 128 total views,  1 views today