Macam-Macam Olahraga Terbaik Yang Bisa Menguatkan Jantung

0

Lensa Media – Jantung adalah satu organ yang sangat penting dan bertanggung jawab untuk menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ Anda. Setiap denyutnya, jantung ini memompa keluar darah beroksigen ke sistem peredaran darah.

Semakin kuat jantung Anda, maka semakin baik ia mengerjakan tanggung jawabnya, dan latihan yang konsisten akan memiliki efek positif pada kekuatan jantung Anda. Kekuatan jantung ditunjukkan oleh stroke volume itu sendiri, yaitu seberapa banyak darah yang berhasil dipompa keluar oleh jantung Anda.

Jika jantung Anda lebih kuat, maka ia dapat memberikan jumlah darah yang cukup ke jaringan tubuh dan organ Anda tanpa harus sering memompa. Akibatnya, mereka dengan jantung yang kuat akan memiliki denyut jantung istirahat yang lebih rendah.

Jantung akan bertambah kuat dan sehat jika Anda berolahraga. Bahkan WebMD menyatakan bahwa orang yang tidak berolahraga memiliki dua kali lipat lebih tinggi risiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang berolahraga. Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa jenis olahraga yang bisa menguatkan jantung Anda, berikut ini:

Latihan interval
Ini adalah olahraga yang tak tertandingi untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran. Anda dapat menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan periode pemulihan aktif yang lebih panjang. Contohnya adalah, Anda dapat berjalan kaki dengan kecepatan normal selama 3 menit dan melangkah lebih cepat selama 1 menit. Dengan menaikkan dan menurunkan detak jantung Anda, maka Anda dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan membuat tubuh lebih efisien dalam membersihkan tubuh dari gula dan lemak dari darah.

Latihan beban
Ini sebenarnya merupakan bentuk lain dari latihan interval, karena akan meningkatkan jantung Anda selama repetisi dan menurunkannya selama pergantian set. Dengan menangani segala tuntutan yang ditempatkan pada jantung secara efisien, otot yang kuat akan meringankan beban keseluruhan pada jantung. Oleh karena itu, gunakan beban bebas yang dapat melibatkan banyak otot dan inti Anda, lalu bangunlah keseimbangan.

Latihan Inti dan Yoga
Latihan inti seperti Pilates dapat memperkuat otot inti dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Yoga juga dapat membuat tekanan darah turun, membuat pembuluh darah lebih elastis dan juga mempromosikan kesehatan jantung. Oleh karena itu, yoga juga dapat sekaligus memperkuat inti Anda.

 194 total views,  2 views today