Manokwari Rusuh: Polda Papua Barat Kecolongan

0

lensamedia.id – Api membumbung membakar Kantor DPRD Papua Barat, Senin pagi. Kebakaran ini lantaran aksi massa yang turun ke jalan di Manokwari, Papua Barat. Selain membakar Kantor DPRD, massa juga merusak sejumlah lapak pedagang di sepanjang jalan utama Kota Manokwari.

Terpantau oleh lensamedia.id pada hari Senin (19/8/2019), bahkan sejumlah jalan utama di Kota Manokwari diblokade oleh warga.

Sejumlah jalan utama seperti Jalan Yos Sudarso, jalan Trikora Wosi dan Jalan Manunggal Amban Distrik Manokwari Barat diblokade massa dengan cara membakar ban bekas dan menutup akses lalu lintas. Massa juga menebangi pohon di sekitar lokasi.

Kapolda Papua Barat Brigjend Polisi Herry Nahak pagi itu terjun langsung untuk menemui dan menenangkan warga. Kerusuhan yang terjadi di Papua diduga pecah menyusul penanganan terhadap mahasiswa Papua atas kasus perusakan bendera di Surabaya waktu lalu.

Kejadian di Manokwari seharusnya dapat diantisipasi oleh Kapolda Papua Barat, ketika ada kejadian di Jawa Timur yang berpotensi memicu kejadian di Papua. Karena berbicara persoalan Papua yang selama ini sangan sensitif, seyogyanya mampu di identifikasi oleh para pemangku keamanan yang lebih paham persoalan karakteristik wilayah timur Indonesia ini.

Lemahnya antisipasi mengakibatkan kerusuhan yang menimbulkan kerugian yang ada, diantaranya perusakan fasilitas publik dan gedung-gedung perkantoran terbakar. Terlebih persoalan Papua yang memang saat ini menjadi salah satu konsentrasi utama Presiden Joko Widodo guna menjabarkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia di bumi cendrawasih tersebut, Seharusnya juga menjadi prioritas perhatian bagi para pemangku kepentingan.

 215 total views,  1 views today