Menkopolhukam Minta Masyarakat Tetap Tenang Sikapi Kerusuhan Papua

0

Lensamedia.id (Jakarta) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Wiranto, meminta kepada semua pihak untuk tetap tenang dalam menyikapi insiden yang terjadi di Papua Barat, hari ini (19/08/2019), apalagi Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaanya.

“Kita baru saja memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, salah satu tujuannya untuk mengingatkan kita agar persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi modal kemerdekaan tetap terawat dan terpelihara” ujar Wiranto melalui keterangan tertulis, pada Senin (19/08/2019).

Kejadian ini tentunya sangat disesalkan, terlebih karena diawali oleh provokasi – provokasi yang tidak bertanggung jawab sehingga memicu munculnya kekisruhan yang lebih parah.

“Pemerintah menyesalkan dengan adanya insiden yang saat ini sedang berkembang tentang pelecehan bendera merah putih. Disusul oleh pernyataan negatif oknum – oknum yang memicu aksi di beberapa daerah. Terutama di Papua dan Papua Barat yang nyata – nyata mengganggu kebersamaan dan persatuan sebagai bangsa” ujarnya.

Oleh karenanya, Menkopolhukam telah memerintahkan jajarannya untuk mengusut tuntas kasus ini, khususnya oknum – oknum yang ikut terlibat memprovokasi terjadinya kerusuhan.

“Telah diinstruksikan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan adil bagi siapa pun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum dalam peristiwa ini. Akan kita usut secara tuntas dan adil siapa pun yang manfaatkan insiden itu untuk kepentingan negatif” tukas Wiranto.

Dalam kesempatan yang sama, Wiranto juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Papua yang telah berupaya menenangkan warganya.

“Saya juga mengapresiasi kepada Gubernur Papua yang telah menyampaikan pernyataan dan himbauan kepada semua pihak agar tidak memperpanjang insiden ini, dan kembali menjalin persaudaraan dan kedamaian di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Wiranto kemudian menghimbau kepada pihak agar tetap tenang menyikapi insiden ini dan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk menyelesaikannya.

“Saya mengimbau agar tidak terpancing dan terpengaruh berita-berita negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merusak persatuan, kedamaian, dan kebersamaan kita sebagai bangsa yang bermartabat,” tutupnya. (Red)

 180 total views,  1 views today