Olah Raga Renang Baik Untuk Kesehatan Jantung

0
Ilustrasi gambar olah raga berenang

lensamedia.id – Berenang bukan saja olahraga yang menyenangkan, tetapi juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantungmu. Nggak percaya? Ini 5 manfaat yang bisa kamu peroleh dari berenang!

Berat badan ideal

Penyakit kardiovaskular lebih berisiko diderita oleh orang yang kelebihan berat badan dan sering menyantap makanan berlemak. Sementara berenang, adalah olahraga yang menguras banyak energi sehingga membakar lemak dalam tubuhmu. Otomatis berat badanmu akan lebih terjaga. Selain itu, olahraga ini juga bisa membentuk masa otot yang memengaruhi metabolisme basal tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kekuatan

Kekuatan otot jantung sangat berpengaruh pada sirkulasi darah, karena jantunglah yang memompa darah ke seluruh tubuh. Saat kekuatan jantung meningkat, pasokan darah dan oksigen juga meningkat sehingga tubuh merasa lebih fit saat beraktivitas. Berenang adalah olahraga yang sangat baik untuk melatih kekuatan otot jantung namun di sisi lain juga tidak terlalu berat. Itu sebabnya berenang dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai usia, termasuk juga untuk penderita asma.

Tekanan Darah Stabil

Sebenarnya beberapa olahraga lain seperti bersepeda, jalan kaki, atau hiking, juga bisa melatih kekuatan jantung. Namun jenis olahraga dengan posisi badan tegak lurus seperti itu membuat jantung harus bekerja keras untuk memompa darah dan oksigen dari dan menuju tubuh bagian bagian bawah. Meningkatnya kerja jantung dalam waktu singkat ini membuat tekanan darah meningkat dengan cepat. Sementara berenang, dapat melatih jantung tanpa membuat tekanan darah naik secara signifikan. Hal ini disebabkan karena saat berenang posisi tubuh adalah horizontal sehingga kerja jantung tidak terlalu keras.

Menenangkan Detak Jantung

Berenang ternyata sangat efektif untuk membuat detak jantung menjadi lebih tenang dan stabil. Detak jantung yang tenang dan stabil membuat kerja jantung lebih ringan sehingga efektif mencegah berbagai kemungkinan penyakit jantung. Detak jantung yang stabil ternyata juga bisa membuat performa tubuh lebih baik saat beraktivitas tanpa menyebabkan otot jantung stres.

Efisiensi Kerja Paru-paru

Tak hanya jantung, komponen sistem kardiovaskular lain seperti paru-paru juga sangat terbantu dengan olahraga renang. Jangkauan difragma akan lebih luas dan sistem pernafasan akan menjadi lebih baik. Berenang juga dapat memperlbar pembuluh kapiler yang sanagt penting untuk memperlancar laju peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Nggak perlu lagi deh ragu untuk melakukan olaharaga yang satu ini. Konsumsi juga vitamin setiap hari, untuk membantu mencegah masuknya kolesterol dalam darah. Jika kedua hal ini dilakukan secara teratur, kesehatan jantungmu akan terpelihara lebih lama

 437 total views,  1 views today