Olahraga yang Tepat Untuk Otot Kita

0
Ilustrasi

Lensa Media – Kapan biasanya Anda berolahraga? Apakah di pagi hari setelah bangun pagi? Atau di sore hari ketika sudah selesai melakukan semua aktivitas kemudian menyempatkan diri untuk berolahraga? Atau bahkan di malam hari?

Untuk membuat olahraga semakin efektif dan berdampak bagi kesehatan, maka Anda harus mengetahui ‘alarm’ yang dimiliki otot untuk melakukan olahraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menyatakan bahwa otot dan rangka tubuh mempunyai waktu dan alarm tersendiri dalam menentukan kapan harus olahraga dan kapan harus berhenti.

Lalu mana waktu yang paling baik untuk melakukan olahraga dari 24 jam yang kita punya dalam sehari? Otot memiliki jadwal tersendiri untuk melakukan olahraga yang efektif.

Tahukah Anda jika semua sel yang ada di dalam tubuh mempunyai jam dan jadwalnya sendiri-sendiri untuk melakukan tugasnya masing-masing? Jam tubuh alami ini disebut dengan ritme sirkadian.

Ritme sirkadian mengatur waktu tubuh kapan harus makan, tidur, bangun, atau melakukan berbagai fungsi lainnya. Sehingga, jika Anda memiliki waktu 24 jam dalam sehari, maka tubuh akan mengatur dan menentukan secara otomatis waktu makan dan kegiatan lainnya.
Semua sel memiliki ritme sirkadian, termasuk otot yang kita pakai untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Northwestern Unversity, menyatakan bahwa ritme sirkadian yang dimiliki oleh otot membuat semua gerakan yang dihasilkannya menjadi lebih efektif.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jam alami otot.
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Cell Metabolism ini melakukan percobaan pada tikus untuk mengetahui apakah otot mempunyai jam alami untuk melakukan aktivitas. Dari percobaan tersebut, diketahui bahwa tikus lebih aktif berlari di atas mainan yang berputar ketika melakukannya di malam hari.

Tikus adalah hewan yang bersifat nocturnal atau lebih aktif di malam hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa gen berhubungan untuk mengatur ritme sirkadian tikus bekerja sangat efektif di malam hari.

Gen yang dimiliki tikus tersebut juga dimiliki oleh manusia. Dan karena kebalikan dengan tikus, manusia lebih aktif di siang hari, para peneliti menganggap bahwa manusia akan lebih efektif melakukan olahraga di siang hari.

 189 total views,  1 views today