Pakaian Adat yang Dikenakan Ibu Negara Menjadi Viral, Masyarakat Semakin Penasaran Tentang Simalungun

0

Lensa Media – Dengan menggunakan pakaian adat yang dikenakan oleh Ibu Negara Iriana, dengan benda yang dibawa oleh nenek dari Jan Ethes dan Sedah Mirah ini menjadi sorotan. Pada upacara bendera HUT ke-74 RI kali ini, Iriana tampak mengenakan pakaian adat Batak Simalungun, Sumatera Utara. Ia pun terlihat cantik dengan baju berwarna merah dan kain ulos. Ibu Iriana juga tampak mengenakan aksesoris Bulang di kepalanya dengan warna senada.

Yang membedakan pakaian adat Batak Simalungun dengan suku lainnya ialah penggunaan hiasan kepala. Hiasan atau penutup kepala ini berbahan kain yang kemudian dililitkan hingga menjadi tumpukan yang tinggi. Beliau juga tampak mengenakan askesoris kalung dan anting berwarna emas.

Seperti dalam sejarah suku ini terbagi ke dalam beberapa kerajaan. Marga asli penduduk Simalungun adalah Damanik (Damanik berarti Simada Manik atau pemilik manik, dalam bahasa Simalungun, Manik berarti Tonduy, Sumangat, Tunggung, Halanigan yaitu bersemangat, berkharisma, agung/terhormat, paling cerdas). Dan 3 marga pendatang yaitu, Saragih, Sinaga, dan Purba. Kemudian marga marga (nama keluarga) tersebut menjadi 4 marga besar di Simalungun.

Suku Simalungun menggunakan Bahasa Simalungun (bahasa simalungun: hata/sahap Simalungun) sebagai bahasa Ibu. Derasnya pengaruh dari suku-suku di sekitarnya mengakibatkan beberapa bagian Suku Simalungun menggunakan bahasa Melayu, Karo, Batak, dan sebagainya.

Dengan menggunakan pakaian adat Nusantara semakin mempertegas, bahwa dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan KH. Makruf Amin akan lebih fokus untuk membangun Sumber Daya Manusia yang unggul untuk Indonesia maju secara menyeluruh dari Sabang hingga Marauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. (Yas).

 478 total views,  2 views today