Pesan Tokoh Simalungun Untuk Kemajuan Bangsa Indonesia

0
Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP yang kini menjabat sebagai Tenaga Pengkaji Lemhanas RI di Jakarta. Photo: Asenk Lee Saragih

Lensa Media – Indonesia kini sudah berusia tepat 74 tahun pada 17 Agustus kemarin. Namun, apakah yang sudah kita lakukan untuk bangsa ini disela – sela kemerdekaan yang sudah kita nikmati?

Jika dulu para pahlawan berjuang mempertaruhkan nyawanya, maka saat ini, tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana upaya kita agar bangsa ini bisa bersaing dan lebih unggul dengan bangsa – bangsa lain.

Oleh karena itulah, Presiden Jokowi mencanangkan tema “Menuju Indonesia Unggul” pada HUT Kemerdekaan RI ke 74 ini. Dari situ, kita bisa melihat bagaimana besarnya perhatian pemerintah untuk membentuk bangsa ini menjadi bangsa yang unggul kedepannya. Sudah selayaknyalah, kita sebagai warga negara yang baik optimis untuk mewujudkan cita – cita tersebut.

Pemikiran itulah yang kemudian diungkapkan oleh Irjen Pol (Purn) Drs. M. Wagner Damanik, MAP, sosok putra Simalungun yang kini menjabat sebagai Tenaga Pengkaji Lemhanas RI di Jakarta.

Menurutnya, pembangunan karakter bangsa ini salah satunya bisa melalui edukasi politik yang sehat dan beretika. Terlebih lagi, beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Simalungun, akan menghadapi Pilkada Serentak pada tahun 2020 mendatang.

“Khusus untuk Simalungun yang sebentar lagi akan memasuki tahun politik, diperlukan pendidikan politik yang selalu mengedepankan etika yang mampu membawa Simalungun ke arah yang lebih baik” ujar Wagner.

Sebagaimana hasil penelitian dari Litbang Kompas, pada 7 – 8 Agustus 2019, untuk bisa membuat suatu daerah itu maju membutuhkan sosok pemimpin yang bersih (31,8 persen), disusul pemerataan ekonomi (19,6 persen), serta pendidikan yang mendukung kemajuan sains dan teknologi (17,1 persen).

 239 total views,  1 views today