PT PAM Mineral Melakukan Upaya Pembukaan Pemalangan Oleh PT Transon Bumindo Resources

0

Morowali – Tim Satuan Tugas (Satgas) PT PAM Mineral kembali berupaya membuka pemalangan yang dilakukan PT Transon Bumindo Resources (TBR), agar keputusan mediasi antara kedua perusahaan tersebut bisa direalisasikan, dan tidak menimbulkan tidak kondusifnya iklim investasi di Morowali.

“Personel Satgas PT PAM Mineral serta beberapa perwakilan karyawan melakukan komunikasi dan upaya kepada pihak PT TBR agar dibukanya pemalangan portal yang menghalangi jalan Hauling, sebelumnya portal tersebut di rantai gembok, tapi sekarang sudah berhasil dibuka” Tulis keterangan yang dilaporkan oleh Pras kepada wartawan, (31/7/2023).

Menurut Laporan Pras, Bahwa portal tersebut tidak bisa dibuka, dikerenakan Security PT TBR bergelantungan di portal, padahal Pihak PT PAM Mineral melakukan Upaya dengan cara persuasif dan tidak melakukan pelanggaran hukum.

Security PT TBR bergelantungan di portal

“kami berupaya dengan dasar hasil mediasi yang di mediatori oleh Bupati Morowali, Kapolres dan Dandim, disana kita sepakat tidak ada lagi palang-memalang antar perusahaan, yang mengakibatkan terganggunya kamtibmas di lingkungan pertambangan” Tulis Pras.

Merujuk pada dokumen yang diperlihatkan ke Lensamedia.id, yaitu Berita Acara Mediasi pada tanggal (8/6/2023) antara PT PAM Mineral dan PT Transon Bumindon Resources dalam rangka penyelesaian permasalahan jalan, disitu tertulis, bahwa para pihak bersepakat untuk membuka semua palang yang terpasang di lokasi dan semua aktivitas Kembali berjalan seperti biasanya mulai hari jumat tanggal 9 Juni 2023.

Kedua, Para Pihak bersepakat untuk menjaga Kondusifitas dan menjamin keamanan di areal pertambangan, lalu point terakhir tertulis apabila ada permasalahan atau selisih paham antar kedua perusahaan maka kedua belah pihak akan melakukan musyawarah untuk penyelesaian dan tidak boleh melakukan pemalangan antara satu dengan lainnya.

Potal yang digembok dan dirante oleh PT Transon Bumindo Resorces

Berita Acara mediasi tersebut di tandatangani Para Pihak dan disaksikan Bupati Morowali, Kapolres Morowali, Dandim 1311 Morowali, Camat Bungku Pesisir, dan Kepala Desa Laroenai.

Selain itu, menurut salah satu masyarakat desa laroenai Bais, bahwa sebelum PT TBR berdiri dan beroperasi di Desa Laroenai, jalan tani yang menjadi akses jalan Hauling PT PAM Mineral ini tidak adanya masalah antar perusahaan yang beroperasi pada saat itu.

Melakukan upaya komunikasi penjelasan kepada pihak keamanan Polres Morowali

“Sebelum PT TBR datang, dulu masing-masing perusahaan, termasuk PT PAM Mineral yang beroperasi juga, tidak ada masalah sampai saling memalang, mereka saling menghargai sesama anak bangsa untuk memberikan devisa negara lewat investasi yang kondusif dalam masing-masing perusahaan, dan memang itu jalan tani” Ucap Bais (Kir)

 8,283 total views,  1 views today