Puan Maharani Nilai Idham Aziz Layak Gantikan Tito Sebagai Kapolri

0

LensaMedia.id (Jakarta) – Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai sosok Komjen Pol Idham Aziz layak untuk menggantikan posisi Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian sebagai Kapolri. Politisi PDIP itu melihat track record Idham Aziz selama ini di institusi Polri terbilang sangat panjang dan tentunya memiliki prestasi yang cukup membanggakan.

“Idham Aziz kan punya track record yang sangat panjang jadi sejauh ini Insya Allah tidak ada masalah,” kata Puan di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Senin (28/10/2019).

Seperti diketahui, Komjen Idham Aziz adalah satu perwira tinggi (pati) Polri yang sangat berprestasi. Pengalamannya di berbagai jabatan penting di Polri pernah ditempatinya dengan raihan yang gemilang hingga ke kursi Kepala Bareskrim Polri.

Meskipun jadi calon tunggal Kapolri, Puan Maharani memastikan Komjen Idham Aziz tetap harus menjalani proses fit and proper test yang nantinya akan digelar oleh Komisi III DPR RI.

Hal itu dilakukan setelah pembentukan komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan yang nantinya akan disahkan pada rapat paripurna esok.

Setelah itu, lanjut Puan, akan dilakukan Rapat Pimpinan (Rapim) DPR RI dan Rapat Konsultasi dengan Pimpinan DPR untuk membahas surat masuk untuk komisi-komisi. Salah satunya terkait uji kelayakan calon Kapolri.

“Setelah semua mekanisme itu dilakukan, insya Allah nama yang diusulkan menjabat sebagai Kapolri yang akan datang akan bisa segera dilantik,” ujar Puan.

Puan menargetkan pekan ini urusan komisi-komisi sudah bisa diselesaikan bersama mitra-mitra kerja dari kementerian/lembaga yang baru dilantik. (Red)

 384 total views,  1 views today