RDP Dengan BPOM RI, Alifudin Menanyakan Soal Data Produk yang Sudah Ditindak

0

Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI, H. Alifudin SE, MM menanyakan persoalan-persoalan data yang ada di Badan POM Republik Indonesia (BPOM RI), agar Anggota DPR RI bisa menganalisa untuk kinerja BPOM RI bisa dievaluasi dalam memberikan masukan program-program selanjutnya, hal tersebut disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat DPR RI dengan BPOM RI.

“kemarin ada kasus di bogor dan bandung terkait produk yang belum memiliki izin edar dan sampai mencatut logo BPOM RI, bagaimana sikap BPOM dari kasus tersebut? Apa karena sulitnya proses perizinan di BPOM?” Ucap Alifudin saat RDP dengan BPOM RI, Senin (5/4/2022)

Alifudin juga menegaskan bahwa Anggota DPR RI memiliki fungsi yang strategis, yaitu dalam hal pengawasan, budgeting, dan legislasi. Wakil rakyat menjadikan aspirasi rakyat sebagai sumber suara yang kami sampaikan, jangan sampai suara wakil rakyat tidak didengarkan dan dihargai, berarti apalagi rakyat yang menyampaikan jika wakil rakyatnya saja tidak didengarkan.

“kami pernah meminta data rekapitulasi data produk atau barang yang disita serta ditindak oleh BPOM yang produk tersebut sudah expired dan yang tidak ada izin edar sudah berapa banyak, namun belum ada jawaban sampai sekarang, lalu bagaimana alurnya, apa dimusnahkan atau seperti apa? Jika sudah dimusnahkan sudah berapa banyak” Tambah Alifudin.

Foto: Kepala BPOM RI (Penny K. Lukito) saat menjawab pertanyaan-pertanyaan

Alifudin menambahkan, bahwa data-data yang dibutuhkan tersebut akan menjadi bahan Analisa atau bahan dasar agar masyarakat ketika menyampaikan aspirasi dan menanyakan ke wakil rakyatnya mengenai hal tersebut bisa dijawab.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Anggota DPR RI, salah satunya Alifudin, yang menanyakan mengenai persoalan permintaan rekapitulasi data yang sudah dilakukan penindakan oleh BPOM RI.

“baik ini akan menjawab pa Alifudin, data rekapitulasi barang-barang yang sudah dilakukan penindakan dan sebagainya, mohon maaf sekali kami tidak menerima permintaan tersebut, apabila ada permintaan pasti kami respon secepatnya, jadi akan kami siapkan datanya” Ucap Penny

 420 total views,  1 views today