Sri Mulyani, Menteri Kebanggaan Indonesia Rasa Internasional

0
Sri Mulyani Menteri Keuangan Kabinet Kerja

Oleh : Tim Lensa Media

Siapa yang tidak mengenal Sri Mulyani Indrawati, sosok perempuan yang sudah menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak periode kepemimpinan SBY hingga Presiden Joko Widodo karena kepiawaiannya dalam mengelola keuangan di Indonesia. Rasanya bangsa ini patut berbangga hati karena memiliki Menteri Keuangan yang tidak hanya dikenal kiprahnya di Indonesia, melainkan juga dikenal kaya akan prestasi hingga level internasional.

Kecintaannya pada negeri ini telah teruji, saat dirinya rela meninggalkan jabatan prestisius di Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana, demi memenuhi panggilan negara untuk kembali mengabdi sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Presiden Jokowi menggantikan Bambang Brodjonegoro dan dilantik pada 27 Juli 2016.

Dipilihnya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden tentunya didasarkan pada kebutuhan bangsa ini akan sosok – sosok yang profesional dan sudah teruji prestasinya. Berbagai kebijakan yang dibuatnya semasa menjabat sebagai Menteri Keuangan menuai banyak pujian dari berbagai lembaga internasional. Salah satunya yaitu kebijakan tax amnesty yang berhasil menyelamatkan perekonomian Indonesia yang saat itu tengah mengalami gejolak akibat krisis global. Berkat kerja kerasnya, Sri Mulyani dinobatkan sebagai manusia paling berpengaruh peringkat 4 versi majalah Globe dan Menteri Keuangan Terbaik Asia Pasifik Timur versi majalah Globel Market.

Masih berkaitan dengan posisinya sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani juga pernah membuat prestasi mencengangkan saat berhasil mendesak raksasa teknologi dunia, Google yang diwakili oleh Google Asia Pacific Pte Ltd, untuk melunasi tunggakan pajaknya di tahun 2015.

Jadi wajar saja, wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini banjir akan pujian dari dunia internasional. Salah satunya yaitu keberhasilannya saat menyelamatkan perekonomian nasional di masa kepemimpinan Presiden SBY di tahun 2006 dari ancaman krisis moneter, sehingga berkat keberhasilannya itu dirinya diganjar penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik tahun 2006 versi Euromoney.

Hingga akhirnya, selepas menjabat Menkeu era SBY yang berakhir di tahun 2014, Sri Mulyani memperoleh jabatan prestisius sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, dan berkat pencapaiannya itulah, nama Sri Mulyani masuk kedalam kategori World’s Most Powerful Women pada 2016 versi majalah Forbes dan menduduki peringkat ke-37.

Tak lama, Sri Mulyani dipanggil kembali ke tanah air, meninggalkan jabatan dan gaji yang menggiurkan di Bank Dunia demi mengabdi pada negaranya. Hingga akhirnya, Sri Mulyani berkali – kali membuat gebrakan dan terakhir memperoleh penghargaan sebagai The Best Minister in The World 2018 versi World Government Summit.

Tentunya, sosok Sri Mulyani Indrawati masih sangat dibutuhkan bangsa saat ini mengingat banyaknya tantangan ekonomi bangsa ini kedepan, khususnya menyambut era industri 4.0 yang semakin berkembang pesat. Pastinya, tantangan ini hanya mampu diatasi oleh sosok – sosok profesional yang sudah teruji dan diakui.

 195 total views,  1 views today