Susunan Kabinet Rampung, Jokowi Ungkap Menteri Didominasi Kalangan Muda

0
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Lensa Media – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa susunan kabinet yang nantinya dipimpinnya bersama KH. Ma’ruf Amin di periode 2019 – 2024 sudah rampung dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Susunan kabinet ini nantinya terdiri dari 34 kementerian.

“Akan kita umumkan secepatnya karena sudah ditunggu pasar dan masyarakat,” kata Presiden Joko Widodo saat berdiskusi dengan para pemimpin media nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/08/2019).

Jokowi mengakui bahwa penyusunan kabinet ini membutuhkan proses yang tidak mudah, karena harus mengakomodir berbagai aspek menyangkut keterwakilan kawasan, gender, agama, ormas, profesional, dan partai politik.

“Profesional akan mendapat porsi 55 persen, sedangkan parpol 45 persen,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, bahwa kabinetnya nanti sebagian besar diisi oleh kalangan muda dan profesional, bahkan ada yang berusia dibawah 30 tahun, sisanya berasal dari partai politik.

“Dia bukan dari partai politik, tetapi profesional. Dia punya kemampuan manajerial yang bagus,” kata Jokowi.

Mengenai posisi Jaksa Agung yang sempat menimbulkan polemik, Jokowi menegaskan bahwa posisi ini nantinya akan diisi kalangan non partai.

“Walaupun jumlah kementerian tetap, tetapi ada dua kementerian dengan nama baru, yaitu Kementerian Investasi. Ini diperlukan guna lebih fokus menarik investasi asing. Satu lagi, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Internasional,” tuturnya.

 192 total views,  1 views today