Tips Menyimpan Daging Kurban Awet dan Tahan Lama di Kulkas

0

Lensa Media – Persediaan daging Qurban Anda apakah masih banyak? Sehingga Anda terkendala untuk tidak bisa mengolahnya secara langsung. Dalam hal ini tentunya Anda butuh keawetan dan menyimpan baik-baik agar tidak busuk. Nah, dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menyimpan daging kurban awet di dalam kulkas. Cara ini tentu saja sangat tepat karena dapat menjaga kualitas sembari meningkatkan masa simpan daging. Menyimpan daging dalam kulkas memang biasanya dianggap sebagai hal sepele yang sangat mudah dilakukan. Tahukah Anda bahwa cara menyimpan daging di kulkas tidak boleh asal dilakukan? Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan keamanan daging selama disimpan dalam kulkas.

Mengecek kondisi kulkas atau freezer
Sebelum meletakkan daging kurban dalam kulkas atau freezer, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi kulkas atau freezer dengan memerhatikan:

Kondisi kebersihan kulkas
Dilakukan dengan melihat kondisi rak kulkas atau freezer secara fisik, baik pada tempat yang terlihat atau di sela rak. Jika perlu, Anda bisa membersihkan rak kulkas dan freezer, dengan cairan pembersih terlebih dahulu sebelum menyimpan daging. Hal ini penting agar bakteri yang mungkin ada pada rak kulkas dan freezer tidak mengkontaminasi daging.

Suhu kulkas dan freezer
Suhu memiliki peran penting untuk menjaga kualitas dan keamanan daging selama disimpan. Pastikan suhu freezer berada di bawah 10 derajat dan kulkas di bawah 4 derajat celcius. Suhu penyimpanan yang tidak tepat akan membuat daging mudah rusak saat disimpan.

Siapkan daging sebelum disimpan
Cara menyimpan daging di kulkas yang selanjutnya adalah mempersiapkan daging kurban sebelum disimpan. Beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

Mempersiapkan wadah
Perlu Anda perhatikan bahwa wadah yang digunakan harus bersih dan kedap udara atau tertutup. Hal ini penting agar daging tetap bersih dan cairan dari daging mentah tidak mengkontaminasi bahan makanan lain saat penyimpanan.

Memotong daging saat masih segar
Cara menyimpan daging di kulkas yang benar, Anda harus segera memotong daging dan meletakkan dalam wadah bersih kedap udara. Lebih baik lagi jika Anda memotong-motong daging dan membaginya dalam wadah-wadah untuk ukuran satu saji atau satu kali masak, sehingga daging yang diambil adalah daging yang diperlukan saja dan daging lainnya bisa tetap terjaga kualitasnya.

 301 total views,  1 views today